Sekretaris Daerah (Sekda) Pandeglang, Pery Hasanudin menegaskan, dunia Perkoperasian mau tidak mau harus siap menghadapi era revolusi Industri 4.0 dengan melakukan reformasi total koperasi.
 
"Untuk itu, sudah saatnya koperasi memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan platform E-Commerce, aplikasi retail online dan pengembangan aplikasi bisnis lainnya."kata Peri saat membuka acara Peringatan Hari Koperasi ke-72 Tingkat Kabupaten Pandeglang, di Pandeglang  Selasa (15/10).

Pery mengatakan, ada tiga langkah strategis yang harus dilakukan, pertama reoreientasi koperasi yang mengorientasikan pemberdayaan koperasi kepada kualitasnya, bukan lagi pada kuantitas. Kemudian yang keduaadalah  rehabilitasi koperasi yang dimulai dengan membuat database koperasi sebagai dasar pembenahan koperasi.

"Dan yang terakhir adalah terus menerus melakukan pembinaan untuk pengembangan koperasi."katanya.

Menurutnya, peringatan Hari Koperasi ke-72 Tahun ini yang mengusung tema ‘Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0’ di nilai penting karena saat ini semua industri akan menggunakan teknologi digitalisasi dan artificial intelegence atau kecerdasan buatan.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pandeglang, Tatang Muhtasar menjelaskan, peringatan Hari Koperasi tahun ini banyak kegiatan digelar,sehingga ribuan peserta antusias mengikuti kegiatan tersebut.

"Seperti tadi pagi kita baru saja  melaksanakan gerak jalan sehat yang diikuti oleh ribuan peserta dengan doorprize utama sepeda motor, kita juga menggelar Donor Darah, Santunan anak yatim dan janda tua, pembagian sembako, serta gelar produk koperasi dan UMKM." katanya.




 

Pewarta: Deni Setiadi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019