Dalam keterangan Agama, Haji adalah 'Arafah. Keberangkatan Jamaah Calon Haji Kabupaten Lebak, masuk pada gelombang kedua. Hampir  semua jamaah, menjalankan Haji Tamattu, yaitu Umrah Wajib terlebih dahulu, baru kemudian Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna).

Setelah selesai melaksanakan Umrah Wajib, kini Petugas Haji dan Jamaah sedang melakukan berbagai persiapan menjelang pelaksanaan Armuzna. Diantaranya, petugas haji survey dan menyiapkan lokasi Arafah, Muzdalifah dan Mina. Terkait dengan ketersediaan tenda, MCK, memasang atribut penunjuk bagi jamaah, sampai memastikan jamaah sudah bayar dam atau belum.

Selain itu petugas kesehatan haji juga, memastikan kondisi kesehatan  seluruh jamaah dengan mengadakan pemeriksaan di posko kesehatan. Dan melakukan visitasi ke kamar jamaah.

Sementara itu petugas pembimbing ibadah haji, memberikan pembekalan kembali perihal bimbingan manasik ke seluruh jamaah. Sampai, seluruh petugas, sudah menyiapkan skenario jika ada jamaah yang sakit dengan resiko yg sangat tinggi, akan ditempuh dengan safari wukuf, dan badal jumrah.

Baca juga: Seluas 232 hektare sawah di Lebak gagal panen

Jamaah asal Lebak yg masuk dalam kloter 53 berjumlah 385 orang, kloter 59 berjumlah 316 orang, dan kloter 64 berjumlah 4 orang.

Tenaga Kesehatan Haji Indonesia, kloter  59, dr Fathurohim, menegaskan  pemeriksaan kesehatan jamaah dilaksanakan, penting karena untuk mendiagnosa kondisi kesehatan jamaah, sehingga bisa diberikan treatmen yang tepat untuk menjaga kesehatan.

Sedangkan Ketua kloter 59, Muksin, menyampaikan bahwa secara umum kondisi jamaah kloter 59 sehat, namun ada 1 orang yang direkomendasikan oleh dokter untuk dirawat di KKHI (Klinik Kesehatan Haji Indonesia).

Sementara Tim Pemandu Haji Daerah Iyan Fitriyana, yang juga Plt. Kabag Kesra Setda Lebak, melaporkan bahwa, secara umum jamaah haji asal Lebak dalam kondisi yang sehat dan siap melaksanakan Armuzna, hanya pada kloter 59 direkomendasikan 1 orang untik dirawat, kloter 53 ada 3 orang yg sedang dirawat, sedangkan 4 orang pada kloter 64 dalam kondisi yang sehat.

Baca juga: Penyaluran dana desa tumbuhkan ekonomi warga pedalaman Lebak

 

Pewarta: Mansyur Suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019