Pemerintah Kabupaten Lebak, Banten, menyiapkan 11.000 paket komoditas sembilan bahan pokok atau sembako murah untuk kegiatan operasi pasar yang dipusatkan di Alun-Alun Multatuli Rangkasbitung, Selasa.

"Semua warga yang membeli paket sembako itu berpenghasilan rendah," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak Dedi Rahmat di Lebak, Senin.

Menurut dia, pemerintah daerah berkomitmen untuk menstabilkan komoditas bahan pokok menjelang Lebaran 2019 melalui operasi pasar guna meningkatkan daya beli masyarakat. Selama ini, harga bahan pokok di pasaran cenderung naik akibat tingginya permintaan pasar selama bulan puasa.

Oleh karena itu, pihaknya melaksanakan intervensi dengan operasi pasar agar komoditas bahan pokok relatif stabil dan tidak terjadi kenaikan signifikan di 27 kecamatan.

"Kami menjamin harga sembako menjelang Lebaran relatif stabil," katanya.

Operasi pasar yang dipusatkan di Alun-Alun Multatuli untuk meringankan beban ekonomi masyarakat berpenghasilan rendah.

Mereka para pembeli sembako tersebut sudah dibagikan kupon agar tepat sasaran.

Kegiatan operasi pasar murah itu menjalin kerja sama dengan perusahaan sembako juga asosiasi usaha tani dan Dinas Ketahanan Pangan.

Ia menyebutkan harga beras premium seharga Rp6.000,00/kg, minyak Rp7.000,00/kemasan, telur Rp20 ribu/kg, gula putih Rp10 ribu/kg, daging kerbau Rp70 ribu/kg, daging sapi Rp80 ribu/kg, terigu Rp5.000,00/kg, dan cabai rawit Rp20 ribu/kg.

"Kami yakin operasi pasar itu akan dipadati pembeli dari berbagai pelosok daerah di Lebak," ujarnya. ***1***

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019