Serang (Antaranews Banten) - Kepolisian Daerah (Polda) Banten menjalankan program keimanan dan kemanusiaan dengan menyalurkan Zakat, Infak dan Shodakah (ZIS) pendapatan personil Polda Banten dan Polres kepada warga yang kurang mampu di wilayah Desa Linduk, Kecamatan Pontang Kabupaten Serang.   
    
Kapolda Banten Irjen Pol Drs Tomsi Tohir melalui Kabid Humas AKBP Edy Sumardi di Serang, Rabu mengatakan, kegiatan penyaluran zakat tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Agama RI Nomor 52 tahun 2014 tentang cara dan syarat perhitungan zakat mal, zakat fitrah serta perdayagunaan zakat untuk usaha produktif.
   
Kemudian, kata Edy, atas dasar surat edaran Kapolda Banten nomor SE/02/01/bln1.1/2019 tanggal 15 Januari 2019 tentang himbauan menunaikan zakat pendapatan bagi anggota dan PNS Polda Banten yang beragama Islam
   
"Alhamdulillah kegiatan ini bertemakan mari kita jaga kerukunan dan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif," katanya.
    
Sementara Dansat Brimobda Banten Kombes Pol Reeza Herasbudi selaku pimpinan satker yang membantu menyalurkan zakat tersebut mengatakan, ada sekitar 35 paket sembako yang disalurkan kepada warga yang kurang mampu, lansia maupun kaum dhuafa di Desa Linduk, Kecamatan Pontang Kabupaten Serang.
   
"Dalam kegiatan ini Polri lansung turun ditengah-tengah masyarakat dengan memberikan bantuan terhadap masyarakat yang membutuhkan, sehingga kehadiran Polri dirasakan secara langsung dengan memberikan bantuan. Selain itu, program ini merupakan wujud pendekatan Polri ke masyarakat untuk bisa bersilahturahmi dan mendapatkan informasi terkait Kamtibmas," kata Reza.
   
Menurutnya, paket sembako yang diberikan berisikan 5 Kg beras,1 Kg gula pasir, 2 liter minyak sayur dan 6 bungkus mie Instan.
    
"Mudah-mudahan dengan bantuan yang kami berikan dapat bermanfaat dan membantu untuk mencukupi kebutuhan keluarga yang menerima. Amin," kata Reza.
   
Sebelumnya tim Polres Cilegon menyalurkan 600 paket sembako kepada warga yang kurang mampu. Sembako tersebut berasal dari zakatnya anggota personil Polda Banten serta kotak infak anggota Polri. Masyarakat Banten memberikan apresiasi terhadap program Polisi Peduli dan Berbagi yang diinisiasi oleh Kapolda Banten yaitu dengan mengumpulkan zakat personil anggota Polda untuk berikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu mendapat respon positif oleh masyarakat.
   ..***3***

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2019