Serang, (Antaranews Banten) - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah bergerak cepat memberikan bantuan tunai untuk korban yang terkena dampak bencana tsunami Anyer Cinangka di SDN Cinangka.

Bupati Serang mengatakan, bantuan tersebut diberikan kepada nelayan, kios dan rumah yang terkena dampak kerusakan di sekitar pantai.            

"Saya mewakili Pemkab Serang untuk memberikan bantuan kepada warga yang telah didata secara rinci oleh Camat dan Kepala Desa," katanya di Serang, Provinsi Banten, Jumat.

Dia mengatakan bantuan tersebut akan dimanfaatkan oleh warga untuk memperbaiki kios dan rumah yang rusak diterjang ombak saat tsunami.    

"Minimal dari bantuan ini warga bisa melakukan perbaikan pada kios, rumah dan perahu yang rusak agar bisa kembali beraktifitas seperti biasa," katanya.

Selain itu, Tatu menjelaskan, Pemkab Serang juga akan menyediakan dana Tak Terduga (TT) pada tahun 2019 nanti yang diberikan kepada korban yang belum tercover bantuan oleh Pemkab Serang.     

"Tahun depan, Kita akan anggarkan dana TT untuk membantu  korban yang belum tersentuh bantuan," katanya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kabag Kesra), Lukman Harun mengatakan, bantuan tersebut diturunkan berdasarkan instruksi langsung dari Bupati Serang untuk membantu korban bencana di pantai Cinangka dan Anyer.

"Ini perintah Ibu Bupati agar segera diturunkan anggaran Bansos tidak terencana kepada korban, dan sisanya nanti pada 2019 kita anggarkan lagi," katanya.

Lukman mengatakan, bantuan dibagi menjadi lima kelompok dengan masing-masing korban mendapatkan Rp1,5 juta sampai Rp500 ribu. "Kategorinya kita lihat yang terkena dampak rusak berat, sedang, dan ringan," katanya.

Ia berharap, bantuan tersebut bisa meringankan beban korban, dan diharapkan warga bisa kembali menjalankan usahanya pasca tsunami. 

"Selain bantuan tunai juga kita juga berikan selimut, susu bayi, popok dan sembako,bantuan itu diharapkan bisa meringankan beban yang sedang dialami oleh mereka," katanya.

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018