Cilegon (Antaranews Banten) - Sebagai rasa syukur atas anugrah gelar Pahlawan Nasional kepada Brigjen KH Syam'un oleh Presiden RI Joko Widodo,  Himpunan Pemuda Al-Khairiyah Kota Cilegon melakukan ziarah ke makam Pahlawan Brigjen KH Syamun di Kamasan, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang.

Sekjen DPD HPA Kota Cilegon, Ahmad Munji mengatakan kegiatan ziarah merupakan dalam rangka tasyakuran atas anugrah gelar pahlawan.

"Ki Syam'un adalah pejuang kemerdekan yang mewarisi lembaga pendidikan Al-khairiyah. Sebagai kader muda Al-khairiyah kami merasa bersyukur dan berharap memiliki girah perjuangan seperti Ki Syamun," katanya.

Selain mendirikan Al-khairiyah, Brigjen KH Syamun seorang nasionalis yang memiliki semangat patriotisme dalam gerakan perjuangan kemerdekaan hingga jabatan terkahir di kemiliteran sebagai Brigadir Jendral Divisi Siliwangi 1000/1.

"Seorang ulama yang punya jiwa militer, Ki Syamun juga dipercaya menjadi Bupati Serang pertama dari tahun 1945 hingga wafat pada tahun 1949," kata Munji.

Banyak hikmah yang diambil dari riwayat hidup perjuangan Brigjen KH Syamun. Semoga Pemuda Al-khairiyah ke depan memiliki semangat perjuangan untuk berperan dalam pembangunan bangsa Indonesia.

Pewarta: Susmiyatun Hayati

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018