Tangerang (Antaranews Banten) - Panitia dari DKM Masjid Raya Al - Azhom telah menyiapkan 100 petugas khusus untuk melakukan pencacahan dan pengulitan daging hewan kurban.
     
Ketua Harian Masjid Raya Al-Azhom yakni Ahmad Chaerudin di Tangerang Rabu mengatakan, proses pemotongan hingga pengemasan daging dalam paket untuk dibagikan kepada masyarakat, akan dilakukan oleh petugas yang telah dipilih.
   
Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses pendistribusian kepada masyarakat sebagai penerima yang jumlahnya diperkirakan mencapai tiga ribu lebih.
   
"Untuk percepatan dari proses pemotongan hingga pembagian daging, kita telah siapkan petugas yang memang terbiasa. Jumlahnya ada 100 orang," ujarnya.
   
Dikatakannya, jumlah hewan kurban untuk jenis sapi yang akan diterima dan dilakukan pemotongan yakni sebanyak 50 ekor. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang terdata 23 ekor sapi.
   
Ia juga menjelaskan, hewan kurban yang akan di potong terlebih dahulu diperiksa kesehatannya oleh Dinas Ketahanan Pangan (DKP). Kemudian, menyiapkan tempat pemotongan dan pelaksanaannya diberikan jarak agar menghindari hewan tersebut stres.
   
"Jadi, hewan yang dipotong harus dipisahkan agar hewan lainnya tak melihat. Ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya hewan tersebut stres. Ini pun bagian dari himbauan yang diberikan oleh Dinas Ketahanan Pangan," paparnya.
   
Lebih lanjut ia menjelaskan untuk pembagian daging akan dibagikan dalam dua waktu berbeda yakni usai zuhur untuk perempuan dan usai azhar untuk laki-laki.   
   
"Kami sediakan dua jenis kupon berbeda, untuk perempuan berwarna kuning yang akan dibagikan setelah zuhur, dan warna biru untuk laki laki yang akan dibagikan setelah ashar," pungkasnya.

Baca juga: Pemkot Bagikan 6.000 Al-Quran Tarling Di 134 Masjid

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018