Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyebutkan terdapat 12 program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2025.
 
Ratu di Serang, Rabu, mengapresiasi pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Serang atas Nota Keuangan RAPBD Kabupaten Serang 2025 pada 10 Oktober 2024, baik yang bersifat koreksi dan masukan maupun harapan.
 
"Hal tersebut merupakan suatu dinamika dalam proses perencanaan penganggaran untuk mencapai kinerja yang lebih baik," ujarnya.

Baca juga: Kawasan Banten Lama prioritas utama peningkatan PAD sektor pariwisata
 
Tatu sependapat bahwa pemandangan umum fraksi-fraksi dalam penyusunan dan pembahasan RAPBD harus berpegang teguh pada prinsip-prinsip efisiensi, efektivitas, ekonomis, dan tepat sasaran.

Kemudian, harus mencerminkan respons pemerintah daerah terhadap kebutuhan prioritas masyarakat dan memiliki kapasitas untuk menyelesaikan sebagian besar problem masyarakat.
 
"Diharapkan berbagai program dan kegiatan yang tercantum dalam APBD Tahun 2025 dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Kabupaten Serang," katanya.
 
Adapun 12 program prioritas yang akan dilaksanakan Pemkab Serang 2025 meliputi peningkatan kualitas pelayanan pendidikan bagi masyarakat, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat, pengembangan infrastruktur dasar daerah, dan pembangunan pusat pemerintahan Kabupaten Serang yang sesuai dengan kapasitas anggaran daerah.

Baca juga: GOW Kabupaten Serang siap sukseskan Pilkada 2024
 
Selain itu, percepatan penanggulangan kemiskinan melalui berbagai program, salah satunya melakukan penurunan angka pengangguran, penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang baik, pengembangan ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal yang lebih mengutamakan sektor pariwisata, pertanian, dan UMKM, serta potensi-potensi yang berhubungan dengan pengembangan industri kreatif yang berada di tengah-tengah masyarakat.
 
"Selanjutnya, peningkatan ketentraman, keamanan, dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat, pemerataan pembangunan antar wilayah (kecamatan), perlindungan, dan pengelolaan lingkungan hidup yang lebih difokuskan kepada penanganan pencemaran lingkungan dan limbah," paparnya.
 
Program prioritas lainnya, sambung Tatu, adalah peningkatan kualitas lingkungan permukiman dan perumahan yang lebih difokuskan kepada pembangunan rumah tidak layak huni, sanitasi lingkungan, dan pengelolaan persampahan secara menyeluruh.
 
"Dilanjutkan dengan peningkatan kemampuan fiskal daerah untuk pendanaan pembangunan, peningkatan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran agama di masyarakat," sebutnya.
 
Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Serang Agus Wahyudiono mengatakan pihaknya segera membahas program prioritas Pemkab Serang tersebut.
 
"Selanjutnya, akan dibahas oleh Tim Badan Anggaran DPRD Kabupaten Serang pada November 2024," ujarnya.

Baca juga: Di RAPBD 2025, Pemkab Serang fokus bangun infrastruktur dan Puspemkab

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024