Pemerintah Kota Tangerang siap menerjunkan personel dalam mendukung dan mengawal kelancaran pendistribusian logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Tentunya logistik ini sangat vital karena walaupun calonnya ada, panitia pilkadanya ada, tetapi tidak ada surat suaranya, tentu pilkada tidak akan dapat dilakukan," kata Pj Wali Kota Tangerang Nurdin di Tangerang Sabtu dalam keterangannya.

Pemkot Tangerang dan KPU, lanjut Nurdin, telah melaksanakan rapat koordinasi persiapan pendistribusian logistik Pilkada 2024.

Berbagai kejadian yang sifatnya mendesak dan tiba - tiba juga telah dibuatkan mitigasi. Sehingga Pemkot akan menyiapkan personel termasuk anggaran yang dibutuhkan.

"Melalui kolaborasi yang telah terjalin erat dari semenjak pemilu kemarin, diharapkan dapat semakin solid dan kondusivitas selalu terjaga," katanya.

Baca juga: KPU Kota Tangerang tuntaskan pencetakan 1.414.274 surat suara

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menyampaikan apresiasinya atas komitmen dan dukungan Pemkot Kota Tangerang dalam mendukung kesuksesan pesta demokrasi daerah tersebut.

"Tentu kita semua ingin agar pelaksanaan pilkada di Kota Tangerang tahun ini dapat berjalan dengan lancar. Alhamdulillah kami mendapatkan dukungan dari Pemkot Tangerang. Dan melalui rapat koordinasi ini, tentunya kita berharap apa yang tadi disampaikan terkait permasalahan-permasalahan yang mungkin bisa terjadi, bisa mendapatkan solusinya bersama-sama," tukas Qori.

KPU Kota Tangerang telah mencetak sebanyak 1.414.274 lembar surat suara untuk keperluan logistik pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Tangerang 2024 di PT.Gramedia Cikarang.

Sekretaris KPU Kota Tangerang Fandu Dwiadma Oktavirawan mengatakan jumlah surat suara yang dicetak disesuaikan dengan daftar pemilih tetap (DPT) yang ditetapkan yakni 1.377.828 pemilih, ditambah 2,5 persen sebagai surat suara cadangan.

Baca juga: Rilis KedaiKopi, elektabilitas Sachrudin-Maryono tinggi

Sebelumnya, KPU Kota Tangerang telah menerima logistik berupa 5.438 kotak suara, 10.824 bilik suara dan 42.472 kabel ties atau segel pengaman kotak dan bilik suara.

Logistik Pilkada Serentak tahun 2024, disimpan di dua gudang logistik KPU Kota Tangerang, yakni berlokasi di Kecamatan Karawaci dan Kecamatan Periuk.

Pilkada Kota Tangerang diikuti tiga pasangan yakni pasangan Faldo Maldini-Fadlin Akbar (nomor urut 1), Ahmad Amarullah-Bonnie Mudfizar (nomor urut 2), dan pasangan Sachrudin-Maryono (nomor urut 3).

KPU Kota Tangerang menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada 2024 sebanyak 1.377.828 pemilih dengan perincian 683.243 laki-laki dan 694.585 perempuan. Sementara itu, jumlah tempat pemungutan suara (TPS) tercatat 2.706 unit dengan TPS khusus di lima lapas.

Baca juga: Faldo-Fadhlin klaim datangi 5.000 rumah setiap blusukan

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024