Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Banten membuka kembali tiga pintu masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing setelah sebelumnya tertutup gunungan sampah.   

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Wawan Fauzi di Tangerang, Kamis mengatakan, akses masuk di pintu tersebut selama ini tertimbun gunungan sampah.  

Namun dengan adanya dukungan dari PT Oligo, tumpukan sampah tersebut berhasil diurai dan jalur yang selama ini ada pun bisa kembali aktif.  

"Jalur - jalur yang selama ini memang sudah ada akhirnya bisa kembali diaktifkan lagi yang menghubungkan antara Pintu 1, Pintu 2 dan Pintu 3 dan termasuk menata titik buang dalam area TPA Rawa Kucing," katanya.

Baca juga: Pemkot Tangerang ajak masyarakat kurangi buang sampah ke TPA

Dengan dibukanya kembali tiga akses pintu masuk, lanjut Wawan, maka truk sampah tak perlu lagi antre di sepanjang Jalan Iskandar Muda tetapi bisa antre di dalam area TPA.  

"Alhamdulillah, dampaknya terlihat signifikan, dengan terbukanya akses tersebut. Kini, truk sampah yang kemarin harus antre diseputaran area luar TPA Rawa Kucing, sekarang mereka sudah bisa antre di area dalam TPA Rawa Kucing," kata Wawan.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang pun kini sedang menata gunungan sampah di pintu 3 agar lalu lintas kendaraan lebih lancar.

"Kondisi saat ini pun akan terus dipantau dan dievaluasi oleh DLH Kota Tangerang untuk melihat keefektifannya dan terus konsisten," ujarnya.

Sebagai informasi, TPA Rawa Kucing berada di wilayah Neglasari dan menampung 1.500 ton sampah setiap hari. Adapun luas area pembuangan sampah yakni 35 hektare.
 
Baca juga: Pembangunan pengolahan sampah energi listrik di Kota Tangerang dimulai

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024