Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang, Banten menggelar Bursa Kerja Khusus (BKK) Award 2024 yang diikuti 130 SMK sebagai motivasi dalam penyaluran alumni untuk masuk dunia kerja.

“Ajang ini menjadi motivasi BKK di Kota Tangerang lebih aktif dan produktif dalam penyaluran alumni untuk masuk dunia kerja,” kata Kepala Disnaker Kota Tangerang Ujang Hendra Gunawan di Tangerang, Jumat.

Kadis Ujang menambahkan BKK tingkat SMK telah dibentuk sejak 2018 sebagai program dalam menekan angka pengangguran lulusan SMK.

BKK adalah lembaga yang ada di sekolah namun bermitra dengan Disnaker dengan tugasnya sebagai fasilitator menjalin hubungan kerjasama dengan dunia usaha maupun industri. 

Selain itu, BKK juga memiliki fungsi sebagai pengembangan karir, dan panyalur para siswa atau alumni yang membutuhkan pekerjaan ke dunia industri atau usaha.

Baca juga: Disnaker Tangerang miliki unit layanan untuk disabilitas pencari kerja

Disnaker mencatat BKK sudah terbentuk di 122 SMK dari 130 SMK se-Kota Tangerang baik swasta maupun negeri. Berdasarkan data Provinsi Banten, secara persentase kepemilikan BKK SMK Kota Tangerang ini, menjadi yang tertinggi dibandingkan dengan kota kabupaten lainnya. 

Sementara itu terkait BKK Award 2024, Ujang menuturkan saat ini sudah memasuki enam besar. Tim penilai akan melakukan kunjungan kepada enam nominator dalam menentukan juara.

Adapun enam nominator BKK yakni SMKN 8 Tangerang, SMKN 3 Tangerang, SMKN 9 Tangerang, SMKS PGRI 109, SMKS Strada dan SMKS An-Nurmaniyah. 

“Lewat ajang ini, diharapkan BKK di Kota Tangerang dapat meningkatkan produktivitas dan menjaga konsistensinya dalam keaktifan BKK di sekolahnya,” pungkas Ujang Hendra Gunawan.

Baca juga: Disnaker Kota Tangerang sebut pendaftaran pelatihan las masih dibuka

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024