Program studi S1 dan S2 Fakultas hukum Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya berhasil memperoleh akreditasi Internasional dari Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA), yang berlaku hingga lima tahun ke depan.

“Kami sangat bersyukur atas perolehan akreditasi internasional FIBAA ini. Perolehan Akreditasi Internasional menunjukkan bahwa kualitas mahasiswa dan lulusan Fakultas Hukum, Unika Atma Jaya memiliki posisi penting di level Internasional," kata Dekan Fakultas Hukum Unika Atma Jaya Dr Asmin Fransiska dalam keterangannya di Tangerang, Jumat.

Dia menjelaskan, perolehan Akreditasi Internasional itu juga menunjukkan karena pembentukan kurikulum, mutu, dan proses mahasiswa masuk hingga keluar telah berjalan dengan standar maksimum. Selain itu, akreditasi ini juga membuktikan majunya kualitas layanan dan lingkungan kerja akademik dan administrasi.

FIBAA merupakan sebuah badan akreditasi Internasional yang dapat memberikan penilaian atas standar mutu dan kualitas Perguruan Tinggi sesuai dengan lima standar minimum, yakni tujuan program studi, proses hingga mekanisme penerimaan mahasiswa, isi dan struktur kurikulum dan konsep didaktikal, lingkungan akademik, serta kondisi kerja dan penjaminan mutu dan dokumentasi program.

Baca juga: 865 mahasiswa Unika Atma Jaya ikuti program pendidikan profesi guru

Proses Akreditasi FIBAA menjadi sebuah refleksi bagi Fakultas Hukum mengenai pentingnya memastikan tim bekerja dengan tujuan yang sama, yaitu unggul dalam kualitas pendidikan dan membangun kemitraan yang kuat dan saling percaya dengan dosen dan mitra kerja FH.

"Merupakan sebuah kebanggaan besar bagi FH untuk mempersembahkan pencapaian ini kepada seluruh civitas Unika Atma Jaya dengan harapan akan menjadi pendorong untuk semakin giat bekerja, belajar, dan bermitra untuk kemajuan dunia akademik sesuai dengan nilai-nilai Unika Atma Jaya yaitu Kristiani, Unggul, Profesional, dan Peduli (KUPP)," katanya.

Akreditasi Internasional FIBAA bertujuan untuk menghasilkan banyak keberhasilan yang menguntungkan bagi Fakultas Hukum. Salah satunya, memposisikan Fakultas Hukum Unika Atma Jaya sejajar dengan berbagai Fakultas Hukum di Lingkungan ASEAN dan Asia yang memiliki standar internasional.

Terdapat beberapa masukan konstruktif dari para penilai bagi Fakultas Hukum Unika Atma Jaya yang sangat baik untuk ditindaklanjuti.

Melalui pencapaian ini, ke depannya Fakultas Hukum akan terus meningkatkan berbagai layanan, mutu, lingkungan kerja, dan belajar kian profesional dan unggul.

"Perolehan akreditasi internasional ini juga menjadi modal utama kami dalam mencapai keunggulan di tingkat nasional dengan fokus Akreditasi Nasional," katanya.

Baca juga: Unika Atma Jaya sambut 2.445 mahasiswa baru di Kampus Tangerang

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024