Tangerang (Antaranews Banten)  - Dinas Kesehatan telah menyiapkan tiga unit ambulance 119 yang disebar di tiga wilayah dalam membantu pemudik yang membutuhkan penanganan kegawat daruratan.
   
Kepala Dinas Kesehatan dr Liza Puspadewi di Tangerang Minggu mengatakan, masyarakat yang membutuhkan penanganan kegawatdaruratan maka bisa menggunakan mobil ambulance ini. "Bisa telepon langsung dengan menghubungi layanan 112 maupun 119," katanya. 
   
Mobil ambulance yang memiliki keunggulan untuk penanganan kegawat daruratan ini, ditempatkan di tiga lokasi yakni Cikokol untuk wilayah Tangerang Tengah, Karawaci Baru untuk wilayah Tangerang Barat dan Ciledug untuk wilayah Tangerang Timur.
   
Bukan hanya pada pemudik saja, tetapi mobil ambulance 119 juga bisa digunakan oleh masyarakat umum yang mengalami peristiwa kegawatdaruratan dan perlu dirujuk ke rumah sakit.
   
"Mobil ambulance 119 khusus untuk penganan kegawataruratan. Beda dengan ambulance gratis yang juga tetap diaktifkan di 13 kecamatan serta ambulance puskesmas keliling," ujarnya. 
   
Sebelumnya, Dinas Kesehatan Kota Tangerang Banen telah bekerjasama dengan 17 Rumah Sakit sebagai rujukan saat mudik lebaran jika ada yang membutuhkan penanganan darurat. 
   
Kabid Bidang Pelayanan dan Kesehatan yakni Dini, mengatakan jika Rumah sakit tersebut telah disiagakan untuk membantu perawatan jika ada pemudik yang membutuhkan pertolongan atau perawatan yang tak tertangani di Puskesmas.
   
"Jadi, yang dirujuk ke rumah sakit bila sudah dalam keadaan kritis atau memang langsung dirujuk dari posko mudik bersama," katanya. 

Baca juga: Pemudik Dihimbau Tingkatkan Keamanan Antisipasi Pencurian

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2018