Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Banten Babar Suharso mengatakan pihaknya menyambut baik kerja sama perdagangan bubuk cokelat di wilayahnya dengan empat negara.
 
Babar Suharso di Serang, Banten, Kamis, pada pagelaran Trade Expo Indonesia (TEI) Ke-39 2024, mengatakan pelaku usaha di Banten mendapatkan kontrak kerja sama yang ditandatangani antara produsen PT Mandala Prima Makmur Tangerang, dengan importir dari empat negara yakni Turki, Belanda, Mesir dan India.
 
Kerja sama yang ditandatangani pihak penjual dan pembeli itu dalam hal perdagangan bubuk coklat.
 
"Di hari pertama ini kita sudah tanda tangan kontrak dengan Turki dan Belanda. Besok dengan Mesir dan India," kata Babar.

Baca juga: Presiden Jokowi ingatkan pasar domestik harus dilindungi
 
Babar melanjutkan konsep perdagangan yang diterapkan dalam TEI 2024 ini sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni business to business, sehingga peran pemerintah hanya sebagai fasilitator saja yang mempertemukan antara penjual dan pembeli.
 
"Maka dari itu kontraknya juga langsung antara penjual dan pembeli," ujar dia
 
Untuk kontrak perdagangan bubuk coklat dengan negara Turki, disepakati sebesar 1 juta dolar AS atau setara Rp15,6 miliar dengan kurs rupiah sebesar Rp15.600.
 
Sama halnya juga dengan Mesir dan India. Sedangkan dengan Belanda itu dua kali lipat atau sekitar 2 juta dolar AS.
 
“Satu juta dolar AS itu sekitar 30 kontainer. Nanti itu kita lakukan secara bertahap selama satu tahun, dan akan kembali diperbaharui perjanjiannya jika akan dilanjutkan,” ujar Babar
 
Babar mengatakan skema tersebut seperti perjanjian kerja sama perdagangan kain tenun tahun lalu sebanyak 50.000 potong.

Baca juga: 10 produk UMKM Kota Tangerang tampil di INACRAFT 2024
 
Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar bersama Presiden RI Joko Widodo turut membuka Trade Expo Indonesia (TEI) ke-39 yang dilaksanakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, yang digelar selama empat hari dari tanggal 9-12 Oktober 2024.
 
Acara TEI 2024 yang mengusung tema “Build Strong Connection with The Best of Indonesia” yang juga didampingi oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.
 
Al Muktabar berharap ada nilai tambah yang besar dari proses kerja sama dengan berbagai negara, sehingga kehidupan masyarakat dalam bidang yang digeluti untuk kerja sama mendapatkan berbagai hal positif.
 
“Misalnya bisa membuka lapangan pekerjaan. Kemudian tingkat pendapatan masyarakat yang meningkat. Ini sangat baik sekali,” kata dia.
 
Selain Trade Expo, pada gelaran tahun ini juga diselenggarakan pameran Pangan Nusa bertempat di Hall 1 dengan tematik khas adat badui yang juga dihadiri oleh kurang lebih 73 UKM pangan olahan yang berasal dari Provinsi Banten.
 
Selebihnya dari beberapa Provinsi lain seperti Jawa Barat, Lampung, Jawa Tengah, dengan total peserta 240 peserta.
 
Sementara itu di Hall 10 juga digelar Jakarta Muslim Fashion Week 2025, juga menghadirkan para pelaku usaha busana muslim tanah air seluruh Indonesia.

Baca juga: Di Tangerang, Kemendag fasilitasi transaksi ekspor senilai 50 juta euro

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024