Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Provinsi Banten, menjadikan kerajinan bambu sebagai produk industri kreatif unggulan di daerah itu guna menopang peningkatan ekonomi serta upaya mengangkat dan mengoptimalkan kreativitas perajin setempat.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskum) Kabupaten Tangerang, Anna Ratna Maemunah di Tangerang, Kamis menyampaikan bahwa sebagai daerah yang dikenal sebagai 1.001 industri, saat ini telah memiliki beragam faktor pendukung penerapan industri kreatif, seperti kreasi, produk, komunitas, lingkungan dan events kreatif. Salah satu sektor industri kreatif yang telah lama dikenal berasal dari Kabupaten Tangerang adalah industri kreatif berbasis bambu.

Selain itu, pihaknya rutin memamerkan hasil produksi 386 perajin bambu di Kabupaten Tangerang ke pameran-pameran di kota besar, seperti Solo dan terakhir di Ibu kota Nusantara (IKN).

"Saat ini sudah ada 6 kecamatan memiliki populasi tanaman bambu yang cukup banyak, yang nantinya dapat memenuhi kebutuhan produksi para perajin di Kabupaten Tangerang,” katanya.

Baca juga: Warga Lebak berpenghasilan rendah kembali peroleh bantuan beras

Produksi berbahan bambu, sangat beragam dan juga bambu merupakan bahan yang ramah lingkungan serta kerajinan bambu dapat menyerap banyak pekerja serta membantu menurunkan angka pengangguran.

Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Tangerang juga telah menyiapkan budidaya bambu di Kecamatan Cisoka dengan luas 5.800 meter persegi.

"Berharap dengan upaya Pemerintah Kabupaten Tangerang, budidaya bambu ini dapat menciptakan ekonomi kreatif yang menghasilkan produk unggulan," tegasnya.

Di kesempatan yang sama, Murdani selaku pelaku usaha perajin bambu asal Kecamatan Sukamulya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah dalam hal ini Diskum yang telah melakukan upaya pembinaan serta te mendorong produknya pamerkan di luar daerah.

"Alhamdulillah kita sudah dapat pasarkan produk hasil olahan bambu dengan dilibatkan ke pameran serta kita juga sudah menjual produk di e-commerce di salah satu Aplikasi Rumah aSikaum yaitu Q-Lang," tutup dia.

Baca juga: 31 anak ikuti sunatan massal IDI cabang Lebak
 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024