Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten menggelar tiga kali debat publik atau debat terbuka bagi pasangan calon (paslon) Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Banten pada Pilkada 2024.

Ketua KPU Banten Mohamad Ikhsan di Serang, Jumat mengatakan rencananya debat pertama dilaksanakan pada 16 Oktober, kemudian 6 November dan terakhir 20 November 2024.

"Untuk tema debat publik atau debat terbuka antarpaslon secara umum merujuk pada visi, misi, dan program rencana pembangunan jangka panjang daerah provinsi," kata M Ihsan.

Baca juga: KPU Banten siapkan debat paslon yang disiarkan televisi lokal

Ia mengatakan, tema debat publik atau debat terbuka antarpaslon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten mencerminkan upaya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat; memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan menyelesaikan persoalan daerah.

Kemudian, kata dia, menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten/kota dan provinsi dengan nasional; dan memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan kebangsaan.

"Kami akan melakukan rapat koordinasi terlebih dahulu dengan pasangan calon atau tim pasangan calon terkait jadwal dan tema debat tersebut. Semoga tidak ada perubahan jadwal," kata Ihsan.

Sebelumnya KPU Provinsi Banten menetapkan dua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten pada Pilkada 2024, yakni pasangan Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi yang diusung PDIP, Partai Golkar dan lima partai nonparlemen, yaitu PBB, Partai Gelora, Partai Umat, PKN dan Partai Buruh.

Kemudian, pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah yang diusung Partai Gerindra, Partai NasDem, PKB, PSI, PAN, PPP, PKS, Partai Demokrat, Partai Garuda dan Partai Prima.

Baca juga: Cegah PSU, KPU Kota Serang gelar bimtek pilkada di setiap kelurahan

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024