PT.  PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten kembali tunjukkan komitmennya dalam percepatan ekosistem kendaraan listrik di wilayah Provinsi Banten dengan menambah satu lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Kawasan Samanea, New Tangerang City, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, Senin.

Sebagai bentuk dukungan terhadap upaya PLN kali ini, dihadiri secara langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Tangerang, Dr. Andi Ony, M.Si, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang, Drs. H. Achmad Taufik, M.Si; Sekretaris Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Banten, Ari James Faraddy, ST, M.Si, MT; hingga General Manager of Samanea Indonesia, Chris Choi.

Sementara dari pihak PLN UID Banten hadir secara langsung adalah General Manager PLN UID Banten, Moch. Andy Adchaminoerdin (Andy Acha) beserta jajaran Senior Manager dan Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cikupa, Muhammad Arif Fikri.

Baca juga: PLN sudah hadirkan 43 SPKLU di wilayah Banten

Apresiasi atas kesigapan PLN dalam mewujudkan target pemerintah pusat terkait "Net Zero Emission" 2060 disampaikan Pj. Bupati Tangerang, Andi Ony. Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada PLN yang terus mengakselerasi ekosistem kendaraan listrik melalui kehadiran SPKLU khususnya di Kabupaten Tangerang. 

“Pemerintah Kabupaten Tangerang mengapresiasi peran dan kontribusi PLN. Hadirnya fasilitas SPKLU di kawasan Samanea ini tidak hanya akan meningkatkan aksesibilitas bagi pengguna kendaraan listrik, namun juga menjadi media promosi langsung bagi lebih banyak masyarakat di Kabupaten Tangerang untuk beralih ke teknologi yang lebih ramah lingkungan,“ kata Andi Ony dalam keterangan resminya.

Andi Ony juga memberikan respons positif atas upaya PLN UID Banten dalam memperbanyak sebaran SPKLU di wilayah Provinsi Banten melalui skema kerja sama. Hal ini tentunya dapat lebih mempercepat hadirnya SPKLU guna menunjang kenyamanan dan kepuasan masyarakat pengguna kendaraan listrik.

Baca juga: Dukung ekosistem kendaraan listrik, PLN Banten bangun SPKLU bertahap

Hal senada diutarakan oleh General Manager of Samanea Indonesia, Chris Choi menyampaikan terima kasih kepada PLN UID Banten dan Pemerintah Kabupaten Tangerang yang berperan besar dalam merealisasikan pembangunan SPKLU Samanea melalui skema kemitraan yang menghadirkan _win-win solution_. Pihaknya merasa puas karena ia menyadari bahwa ke depan kendaraan listrik akan menjadi kendaraan masa depan. Banyak juga masyarakat penghuni kawasan Samanea yang mengharap segera hadirnya SPKLU. 

“Apresiasi tulus saya sampaikan kepada PLN, pemerintah, dan semua mitra yang terlibat. Dengan adanya SPKLU ini sejalan dengan tujuan kami untuk pembangunan kawasan hunian modern yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Seperti yang kita ketahui, masa depan transportasi adalah listrik karenanya saya berharap SPKLU ini akan menjadi solusi atas itu. Terima kasih kepada PLN yang telah mewujudkan mimpi besar kami untuk menghadirkan SPKLU melalui skema kemitraan yang inovatif,” kata Chris.

Kawasan Samanea Suvarna Sutera merupakan pusat perbelanjaan yang dibangun oleh pengembang pusat perdagangan asal Singapura dengan konsep _one stop shopping center_ yang menyediakan beragam keperluan rumah serta menawarkan pengalaman berbelanja yang berbeda. Ke depan pembangunan kawasan ini akan masif sehingga hadirnya SPKLU diharapkan menjadi magnet untuk lebih banyak calon penghuni hingga investor. 

Baca juga: Biomassa PLN di Tasikmalaya: dikelola masyarakat, didukung pemerintah

Pada kesempatan yang sama General Manager PLN UID Banten, Moch. Andy Adchaminoerdin (Andy Acha) mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi komitmen PLN untuk terus mendukung tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik khususnya di Provinsi Banten. Dengan menghadirkan SPKLU di Kawasan Samanea ini maka total telah ada sebanyak 45 lokasi SPKLU dengan 75 mesin pengecasan mulai dari "standar charging, medium charging, fast charging," hingga "ultra fast charging". 

“ Alhamdullilah hari ini sudah kita "launching" SPKLU "fast charging" (50 kW) di Samanea ini. Semoga masyarakat semakin nyaman dan tidak khawatir berkendara menggunakan mobil listrik karena infrastruktur pendukung kendaraan listrik semakin banyak dan memadai,” kata Andy.

Andy Acha menegaskan bahwa SPKLU PLN telah terintegrasi dengan aplikasi PLN Mobile sehingga pengguna kendaraan listrik cukup menggunakan PLN Mobile untuk menemukan lokasi SPKLU terdekat khususnya melalui fitur _Trip Planner_. Ia mengungkapkan bahwa dengan PLN Mobile pengecasan kendaraan listrik di SPKLU PLN lebih nyaman, mudah, dan praktis. Apresiasi atas optimalnya layanan PLN Mobile terbukti dengan total pengunduh mencapai puluhan juta hingga "rating" aplikasi yang mencapai 4.9, atau sangat memuaskan.

Baca juga: PLN pastikan layanan cepat dan terpercaya dengan aplikasi PLN Mobile

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024