PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap segala bentuk penipuan mengatasnamakan PLN. Untuk kenyamanan dan keamanan pelanggan, PLN menyediakan semua layanan secara terpusat melalui Aplikasi PLN Mobile serta "Contact Center" PLN 123.

PLN Mobile sebagai aplikasi resmi PLN telah diunduh oleh puluhan juta pelanggan di App Store dan Play Store. Kepuasan terhadap layanan PLN Mobile sebagai "superApp" PLN terbukti dari total capaian "rating" yang hingga saat ini mencapai sebesar 4.9 yang artinya sangat memuaskan. 

General Manager PLN UID Banten, Moch. Andy Adchaminoerdin menjelaskan bahwa penipuan dengan modus mengatasnamakan PLN masih marak terjadi. Modus penipuan dapat berupa permintaan mengunduh aplikasi khusus, survei berhadiah, hingga adanya petugas palsu yang datang ke rumah pelanggan memberikan iming-iming layanan kelistrikan lantas meminta pembayaran secara tunai. 

Baca juga: Komitmen jalankan bisnis berkelanjutan, PLN sabet dua penghargaan ESG

Andy menambahkan modus penipuan terbaru adalah penipuan dengan membuat titik lokasi alamat kantor PLN di mesin pencarian daring (google) dan mencantumkan nomor telepon tertentu. 

“Upaya mensosialisasikan PLN Mobile telah masif kami lakukan dengan beragam kegiatan seperti melalui sosial media hingga beragam aktivitas yang langsung berinteraksi dengan pelanggan. Tetapi kami tetap mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan selalu menggunakan aplikasi PLN Mobile untuk seluruh layanan kelistrikan yang dibutuhkan mulai dari pasang baru, perubahan daya, pembayaran tagihan listrik, pembelian token, hingga pengaduan,” terang Andy.

Andy menekankan bahwa seluruh layanan PLN tidak pernah memungut biaya selain dari yang tertera di aplikasi PLN Mobile melalui transaksi sistem "Payment Point Online Bank" (PPOB). Karenanya Andy meminta masyarakat untuk tidak mudah tertipu oleh oknum yang mencari keuntungan atas nama pribadi hingga merugikan masyarakat.

"Kami juga turut mengimbau pelanggan untuk tidak melakukan pembayaran selain dari mekanisme yang ditetapkan dan tertera di layanan PLN Mobile, cukup mengikuti langkah-langkah tersebut! Tidak ada pembayaran secara langsung baik tunai di lokasi maupun melalui transfer ke pihak perorangan," tegas Andy. 

Baca juga: PLN perkuat sinergi dan kolaborasi dengan Kejari Kabupaten Tangerang

PLN UID Banten terus berupaya memberikan layanan terbaik kepada seluruh pelanggan dan siap memastikan bahwa semua layanan yang diberikan oleh PLN bersifat responsif dan dapat dipercaya. Agar pelanggan dapat terhindar dari modus penipuan yang merugikan, maka cukup gunakan PLN Mobile. Seluruh layanan kelistrikan dalam genggaman, dengan PLN Mobile semua makin mudah.

Dibuktikan secara langsung oleh Dedi Mukhtar (48) warga Serpong, Tangerang Selatan yang hendak melakukan naik daya listrik di kediamannya. Ia mengaku bahwa permohonan naik daya di rumahnya dari 4.400 VA (volt-ampere) menjadi 7.700 VA dituntaskan di hari yang sama. Ia sangat puas menggunakan PLN Mobile karena praktis, cepat, dan terpercaya.

"Pagi hari kami melakukan pelunasan pembayaran sesuai mekanisme yang tertera di PLN Mobile, Alhamdulillah sore hari tuntas. Petugas yang datang adalah petugas resmi dengan identitas dan membawa surat tugas. Mereka sangat ramah, responsif, bahkan tidak menerima uang tip. Mantap PLN Mobile, semua proses kelistrikan menjadi mudah," kata Dedi Mukhtar.

Baca juga: Pengembangan Transmisi Listrik Pacu Transisi Energi dan Pertumbuhan Industri
 

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024