Cuaca di wilayah Provinsi Banten dan sekitarnya kini telah memasuki musim penghujan, terbukti dalam beberapa hari terakhir intensitas curah hujan mulai meningkat.

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten menghimbau seluruh masyarakat khususnya yang berada di wilayah Kabupaten/Kota di Banten untuk selalu berhati-hati dan tetap waspada akan bahaya listrik saat memasuki musim penghujan (hujan deras).

Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian diantaranya instalasi listrik dan aset listrik milik PLN. Hal ini penting mengingat air merupakan konduktor yang mampu menghantarkan listrik sehingga sangat rentan menimbulkan potensi bahaya akibat tersengat listrik.

Baca juga: PLN sudah hadirkan 43 SPKLU di wilayah Banten

General Manager PLN UID Banten Moch. Andy Adchaminoerdin menjelaskan bahwa pihaknya telah 'sedia payung sebelum hujan'. PLN UID Banten secara rutin juga telah melakukan siaga personel, cek peralatan pendukung, hingga edukasi kepada masyarakat umum. Pihaknya menambahkan bahwa beberapa hal penting yang harus diperhatikan masyarakat ketika terjadi hujan deras dan air mulai meninggi diantaranya adalah :

1. Ketika hujan deras terjadi, masyarakat harap memantau secara berkala kondisi lingkungan sekitar;

2. Jika intensitas hujan semakin tinggi, dalam kurun waktu lama, dan air mulai menggenang hingga memasuki area rumah maka jangan panik ! Segera lakukan pengamanan dengan mematikan listrik dari kWh meter guna menghindari bahaya tersengat listrik.

3. Cabut seluruh peralatan elektronik yang masih terhubung pada stop kontak listrik agar tidak terjadi korsleting listrik.

4. Naikkan peralatan elektronik ke tempat yang lebih tinggi dari sebelumnya agar tidak mengalami kerusakan.

5. Jika aliran listrik di lingkungan sekitar masih menyala maka segera hubungi PLN melalui aplikasi PLN Mobile atau "contact center" PLN 123.

Baca juga: PLN pastikan layanan cepat dan terpercaya dengan aplikasi PLN Mobile

Namun demikian Andy memastikan bahwa pihak PLN UID Banten selalu sigap dan melakukan pengecekkan serta pemantauan intensif khususnya di wilayah-wilayah yang mengalami curah hujan tinggi. Hal ini terbukti mana kala PLN UID Banten berhasil mengamankan pasokan listrik disaat cuaca ekstrem seperti saat ini sehingga masyarakat tetap dapat menikmati listrik dengan aman dan nyaman.

"Jika terjadi hujan deras kami dari PLN pasti bersiaga dan berpatroli untuk menyisir lokasi-lokasi hujan deras agar aman dari potensi bahaya listrik. Namun demikian, laporan dan informasi dari masyarakat juga penting untuk kami, karenanya mari berkolaborasi bersama dengan memahami potensi bahaya listrik saat hujan deras dan sampaikan informasi kepada kami jika mengetahui ada potensi bahaya listrik," jelas Andy.

PLN UID Banten berupaya memberikan pelayanan optimal dan pasokan listrik andal guna kenyamanan seluruh pelanggan. PLN mengimbau seluruh masyarakat untuk selalu berhati-hati dan tetap waspada akan bahaya listrik saat memasuki musim penghujan atau cuaca ekstrem. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile dan  "contact center" PLN 123.

Baca juga: Komitmen jalankan bisnis berkelanjutan, PLN sabet dua penghargaan ESG

Pewarta: Mulyana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024