Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), mencatat sebanyak 10.834.232 jiwa penumpang penerbangan menjadi pelintas internasional melalui Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) selama 2024.

"Bandara Internasional Soekarno-Hatta melayani hingga 44.402 pelintas internasional setiap harinya. Imigrasi memiliki peran vital dalam pengawasan perlintasan orang keluar-masuk Indonesia," ujar Kepala Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta, Bismo Surono, Sabtu.

Berdasarkan data tersebut, jumlah pelintas selama 2024 hingga tercatat mencapai 10.834.232 jiwa. Kendati, dengan angka pencapaian penumpang penerbangan ini menjadikan Bandara Soetta tersibuk di Indonesia.

"Berbeda dengan TPI Bandara lain, seperti Ngurah Rai, Bali yang lebih banyak melayani wisatawan. Bandara Soekarno-Hatta melayani berbagai macam kebutuhan pelintas, mulai dari perjalanan bisnis, investasi, pendidikan hingga perhelatan Internasional," katanya.

Baca juga: Imigrasi Soekarno-Hatta tunda keberangkatan 2.238 WNI terindikasi TPPO

Bismo menyebutkan, Direktorat Jenderal Imigrasi telah mengadopsi teknologi 'autogate' yang memudahkan proses pemeriksaan imigrasi. Saat ini, di TPI Soekarno-Hatta sendiri terdapat 78 'autogate' di berbagai terminal internasional bandara.

"Ada lima 'autogate' reguler di Terminal 2 Keberangkatan Internasional, ada lima di Terminal 2 Kedatangan Internasional. Kemudian ada 16 'autogate' reguler dan dua 'autogate' disabilitas di Terminal 3 Keberangkatan," paparnya.

Ditambah lagi, ada 52 'autogate' regular dan dua 'autogate' disabilitas di Terminal 3 Kedatangan Internasional. Jumlah ini akan ditambah karena pada September, rata-rata pengguna 'autogate' mencapai 54-57 persen dari jumlah pelintas internasional keseluruhan.

"Penggunaan 'autogate' bentuk komitmen imigrasi dalam mendukung digitalisasi sistem keimigrasian, mengikuti perkembangan teknologi. Sosialisasi terus dilakukan agar semakin banyak pelintas menggunakan fasilitas ini, termasuk warga asing dan anak-anak di atas enam tahun," kata dia.

Baca juga: Dirjen Imigrasi jadi petugas jaga konter Imigrasi di Bandara Soekarno-Hatta

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024