Program Studi (Prodi) Magister Manajemen Administrasi Rumah Sakit (MARS) Universitas Pelita Harapan (UPH) berhasil meraih akreditasi unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes).

Ketua Program Studi (Kaprodi) MARS UPH Dr. Dewi Sri Surya Wuisan di Tangerang, Rabu, mengatakan akreditasi unggul itu ditetapkan melalui Surat Keputusan LAM-PTKes Nomor 0475/LAM-PTKes/Akr/Mag/VII/2024 yang berlaku sejak 12 Juli 2024 hingga 11 Juli 2029.

"Pencapaian akreditasi unggul ini merupakan prestasi penting yang menunjukkan komitmen UPH terhadap pendidikan berkualitas dan memberikan dampak jangka panjang yang positif bagi seluruh komunitas akademik dan lulusannya," kata Dewi.

Baca juga: Rayakan tiga dekade, UPH terbitkan buku orasi ilmiah 22 guru besar

Ia menuturkan pencapaian akreditasi unggul ini memiliki makna signifikan dalam beberapa aspek penting terutama pengakuan mutu sebagai bukti nyata jika Prodi MARS UPH telah mencapai standar pendidikan yang sangat tinggi.

Selain itu, juga meningkatkan kepercayaan pemangku kepentingan yaitu menegaskan jika lulusan dari Prodi MARS UPH siap menjadi seorang manajerial rumah sakit dan mengelola pelayanan kesehatan.

"Hal itu baik di sektor pemerintahan maupun sektor swasta dengan kompetensi yang diakui secara nasional maupun internasional," katanya.

Untuk meraih akreditasi unggul dari LAM-PTKes, lanjut dia, Prodi MARS UPH telah melakukan berbagai upaya strategis dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Baca juga: Penutupan UPH Festival tampilkan video animasi inspirasi perjalanan mahasiswa

Dalam aspek pengajaran, tim dosen Prodi MARS adalah dosen-dosen yang menguasai bidang ilmu atau mata kuliah yang diajarkan secara mendalam dan terus mengikuti perkembangan terbaru.

Pada aspek penelitian, dilakukan penelitian bersama dosen dengan mahasiswa yang luarannya dipublikasikan pada jurnal-jurnal terakreditasi internasional dan nasional. Untuk pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM), dilakukan kegiatan yang berdampak luas pada komunitas masyarakat.

“Akreditasi unggul bukanlah akhir dari perjalanan kami, tetapi merupakan bagian dari proses yang berkelanjutan untuk mempertahankan dan meningkatkan standar yang telah dicapai. Dengan target ini, Prodi MARS UPH diharapkan tidak hanya mempertahankan prestasi yang telah dicapai, tetapi juga terus berkembang dan memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan administrasi rumah sakit, baik di Indonesia maupun di tingkat global,” katanya.

Baca juga: 5.000 mahasiswa baru UPH diajak miliki pemikiran kritis dan mendalam
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024