Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Tangerang Banten bekerja sama dengan dua perusahaan yakni PT Gajah Tunggal dan PT Indonesia Toray Synthetics menggelar pelatihan tata boga untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf ekonomi keluarga karyawan.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang Ujang Hendra di Tangerang, Sabtu, mengatakan pelatihan berlangsung selama 16 hari mulai 13 September hingga 4 Oktober 2024 dengan jumlah peserta sebanyak 15 orang

"Nanti peserta selama tiga hari akan melakukan pelatihan di GeTI Incubator untuk melakukan pelatihan digital marketing, konten kreator, dan pengemasan produk," kata Ujang dalam keterangannya.

Baca juga: BLK Kota Tangerang buka pelatihan Bahasa Inggris

Ia menambahkan kegiatan ini bertujuan memberikan keterampilan praktis yang dapat mendukung pemberdayaan ekonomi keluarga dan memperkuat perekonomian keluarga, sehingga diharapkan mampu memberikan manfaat besar bagi para peserta, khususnya keluarga karyawan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan di bidang tata boga.

"Intinya adalah meningkatkan kesejahteraan karyawan melalui pemberdayaan ekonomi," kata dia.

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin menyampaikan pelatihan kerja ini merupakan bagian dari program pemberdayaan ekonomi keluarga, yang diharapkan dapat memberikan dampak jangka panjang bagi para peserta.

Baca juga: Disnaker masih buka pendaftaran pelatihan "tune up" sepeda motor

Setelah mengikuti pelatihan, keluarga karyawan diharapkan mampu memanfaatkan keterampilan yang diperoleh untuk mendukung perekonomian keluarga mereka.

"Jadi, pelatihan ini kami desain khusus untuk pasangan karyawan. Ini baru pertama kali, nanti ada pelatihan tata boga, bagaimana cara pengemasan yang baik, dan bagaimana cara pemasarannya," terangnya.

Kegiatan pelatihan ini, lanjut dia, tidak hanya memberikan keterampilan teknis kepada para peserta, tetapi juga diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk mendorong kemandirian ekonomi dan meningkatkan taraf hidup keluarga karyawan.

"Peserta juga mendapat perlengkapan untuk memulai wirausaha di bidang tata boga, seperti mixer, oven, kompor gas dan tabung gas LPG. Kami berharap, hal ini bisa membangun dan meningkatkan ekonomi keluarga," katanya.

Baca juga: Untuk umum, BLK Kota Tangerang buka empat kelas pelatihan kerja

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024