Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang meraih penghargaan bidang apresiasi daerah peduli pelayanan dan keterbukaan informasi publik yang diberikan secara simbolis oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Abdullah Azwar Anas.
 
"Alhamdulillah, saya mewakili Pemkab Serang menerima penghargaan pada HUT Kompas TV yang ke-13, apresiasi kategori daerah peduli pelayanan dan keterbukaan informasi publik,” ujar Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, di Serang, Kamis.
 
Atas penghargaan tersebut, ia mengapresiasi jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang yang terus mengupayakan memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat Kabupaten Serang.
 
"Terima kasih Bapak dan Ibu Kepala organisasi perangkat daerah (OPD) khususnya Kominfo atas kerja sama dan kerja kerasnya," katanya.

Baca juga: Pemkab Serang meluncurkan 100 perpustakaan desa digital
 
Tatu mengatakan, jika dalam hal pelayanan kepada masyarakat baik dirinya maupun jajaran Pemkab Serang akan terus mengupayakan memberikan yang terbaik. Karena seperti diketahui, daerah yang peduli terhadap pelayanan dan keterbukaan informasi publik, memainkan peran penting dalam membangun kepercayaan antara pemerintah dan masyarakat.
 
“Keterbukaan informasi memungkinkan warga untuk mengakses data penting tentang kebijakan, anggaran, dan program pemerintah. Hal ini meningkatkan transparansi, mencegah korupsi, serta memastikan partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan,” katanya.
 
Selain pelayanan publik yang responsif dan terbuka juga mendorong efisiensi, memperkuat akuntabilitas, serta memberikan warga kesempatan untuk menyampaikan aspirasi dan keluhannya yang pada akhirnya memperbaiki kualitas tata kelola pemerintahan.

Baca juga: Pemkab Serang ajukan surat penutupan pabrik miras Cikande ke kementerian
 
Sementara itu, Kepala Diskominfosatik Kabupaten Serang Haerofiatna mengatakan penghargaan yang diraih merupakan salah satu bukti bahwa Pemkab Serang peduli terhadap pelayanan masyarakat.
 
"Ibu Bupati Serang selalu terbuka memberikan informasi kepada publik, komitmen itu salah satunya telah dinilai dan mungkin di verifikasi oleh Kompas TV sehingga Ibu Bupati layak mendapatkan penghargaan yang luar biasa," katanya.
 
Ia berharap penghargaan atas hasil kerja tim Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Serang ke depan dapat lebih baik lagi dalam melayani masyarakat.

Baca juga: 24 guru SD dapat beasiswa S2 dari Pemkab Serang

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024