Pemeritah Kota (Pemkot) Tangerang, Banten, menginstruksikan kepada tim dukungan elemen satuan kerja (desk) pilkada yang terdiri dari camat dan lurah agar proaktif melaporkan informasi permasalahan di lapangan kepada wali kota setempat.

"Tim desk pilkada ini bertugas melaporkan informasi kepada wali kota mengenai pelaksanaan Pilkada 2024," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Herman Suwarman saat membuka rapat koordinasi tim deskpPilkada di Gedung Bhakti Karya Modernland, Tangerang, Kamis.

Ia menuturkan tim desk pilkada ini bukan sebuah organisasi pelaksana pemilu, tetapi hanya bertugas membantu kelancaran dalam pelaksanaan pilkada di Kota Tangerang seperti memantau dan melaporkan permasalahan di lapangan,

"Bantu panitia pelaksana pemilu untuk kelancaran pilkada," kata Herman.

Baca juga: Akademisi ajak masyarakat Banten kritis pilih calon gubernur

Herman juga menekankan pentingnya keterlibatan aktif seluruh unsur pemerintah daerah (pemda), termasuk para camat dan lurah dalam menyukseskan Pilkada Kota Tangerang 2024.

"Para camat dan lurah memiliki peran strategis dalam memastikan kelancaran proses pilkada di tingkat wilayah masing-masing. Jadi, sebelum dan sesudah pelaksanaan tim desk memantau itu, bantu koordinasikan apabila ada yang perlu dikoordinasikan, misal terkait logistik dan sebagainya," ujarnya

Ia juga mengingatkan pentingnya netralitas dan profesionalitas seluruh jajaran aparatur pemda dalam menyelenggarakan pilkada.

Baca juga: Andika Hazrumy resmikan posko pemenangan relawan di Kramatwatu

"Kita selaku ASN berkewajiban untuk netralitas dalam pilkada, kita tidak boleh terlihat berpihak kepada salah satu calon. Silahkan kalau punya pilihan disimpan dalam diri sendiri saja, jangan terlihat memihak. Kita bantu sosialisasikan dan ingatkan juga kepada ASN yang lain," katanya.

Penjabat Wali Kota Tangerang Nurdin kembali mengingatkan agar seluruh ASN khususnya di Kota Tangerang dapat menjaga netralitas dan integritas ASN dalam pilkada.

"Tak henti-hentinya saya mengingatkan kepada rekan-rekan semua agar jangan sampai menjadi contoh penindakan disiplin ASN akibat melanggar aturan serta norma-norma ASN, salah satunya adalah dengan bertindak tidak netral dan terlibat aktif dalam kampanye dukungan kepada salah satu calon. Tolong saling menjaga dan saling mengingatkan agar pilkada di Kota Tangerang dapat berjalan dengan lancar dan kondusif," katanya.

Baca juga: Airin-Ade siap bangun jalan poros desa dan wisata Banten Selatan
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024