Alvara Strategi Indonesia merilis hasil survei Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2024 yang survei itu memuat delapan nama bakal calon gubernur, yakni Airin Rachmi Diany, Arief R Wismansyah, Rano Karno, Andra Soni, Achmad Dimyati Natakusumah, Iti Jayabaya, Ade Sumardi dan Ari Untung. Airin, Arief dan Rano menjadi tiga besar top of mind warga dalam memilih calon gubernur Banten.

Chief Research Officer Alvara Strategi Indonesia Harry Nugroho dalam keterangannya di Tangerang Jumat mengatakan survei ini masih hangat karena dilakukan pada 13-19 Agustus 2024 dengan wawancara tatap muka. Populasi survei merupakan semua warga negara Indonesia di Banten yang memiliki hak pilih.

Baca juga: Ini hasil survei LSI untuk elektabilitas cagub Banten

"Jumlah sampel mencapai 815 responden dengan penarikan sampel menggunakan teknik multi stage random sampling. Margin of error survei ini +- 3,43% dengan tingkat kepercayaan berada di angka 95%," kata Harry.

Harry memaparkan, dalam simulasi 8 nama ini, nama Airin, Arief dan Rano meraih posisi tiga teratas. Ketiganya memiliki elektabilitas masing-masing Airin 46,8%, Arief 24,1%, kemudian Rano 8,7%. Selanjutnya ada Andra Soni 6,4%, Dimyati 3,1%, Iti Jayabaya 3,1%, Ade Sumardi 0,4% dan Ari Untung 0,1%.

"Jadi hanya ada dua tokoh yang memiliki elektabilitas tertinggi sebagai Gubernur Banten, yaitu Airin dan Arief di posisi kedua," tegas Harry.

Baca juga: PolLead Consulting rilis hasil survei Pilgub Banten

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024