Pemerintah Kabupaten Serang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) telah mempersiapkan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Teknoratik sebagai persiapan untuk mengakomodir kepala daerah terpilih mendatang.

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Serang Rachmat Maulana di Serang, Rabu mengatakan pihaknya telah mempersiapkan rancangan teknokratik nya dengan seluruh dokumen analis pendukungnya seperti, kebijakan fiskal, roadmap inovasi daerah dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

"Setelah teknokratik nya selesai baru kita sinkronkan dengan visi misi kepala daerah terpilih," kata Rachmat. 

Rachmat menjelaskan, berbeda dengan sebelumnya, penyusunan rancangan RPJMD Teknoratik saat ini harus mengacu kepada RPJPD, baik rencana jangka menengah, jangka panjang maupun tahunannya harus mencapai target yang tertuang dalam Sistem Informasi Pemerintah Daerah Republik Indonesia (SIPD-RI).

"Nanti akan disinkronkan, siapa pun kepala daerah yang terpilih maunya seperti apa visi misinya, tapi ada  dua kunci yang tidak boleh hilang yaitu maju dan berkelanjutan. Itu harus ada hingga tahun 2045," kata Rachmat Maulana.

Baca juga: Pemkab Serang pastikan program prioritas RPJMD optimal

Menurut Rachmat apa yang ada dalam RPJPD harus dijalankan tahapan nya sesuai dengan apa yang ada dalam dokumen RPJMD per lima tahun. 

"Karena RPJPD itu kan 20 tahun, dari 2025 sampai 2045. Untuk RPJMD itu per lima tahun dan di RPJPD ini tahapan nya sudah kita buat, misalnya di tahun pertama adalah penguatan atas capaian sampai hari ini, nanti kepala daerah terpilih harus mengerjakan apa yang ada dalam RPJPD ditambah visi misi kepala daerah," katanya. 

Untuk tahap ke dua adalah akselerasi atau percepatan yaitu di  periode 2030 hingga 2035 dan tahap selanjutnya yaitu tahap pengembangan.

"Terakhir di 2040 hingga 2045 itu tahap pemantapan, sehingga dengan tahapan-tahapan tersebut  Pemkab Serang telah turut serta mendukung Indonesia Emas 2045 dengan tahapan yang sudah terukur dalam RPJPD," ujar Rachmat. (ADV)

Baca juga: Pemkab Serang kembangkan wisata religi lewat Tanara Festival

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024