Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Provinsi Banten mempersiapkan uji coba program makan bergizi gratis (MBG) di sejumlah sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) yang ada di wilayah tersebut.

"Sebelumnya kami yang pertama untuk uji coba makan siang bergizi ini, ke depan bila ditunjuk untuk melakukan uji coba lagi, kami sudah siap," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Dadan Gandana di Tangerang, Senin.

Ia menerangkan pelaksanaan makan siang bergizi gratis yang disiapkan oleh pihaknya itu secara format tidak jauh dari simulasi yang dilakukan di SMPN 2 Curug, dimana komposisi menu makan gratis bagi siswa-siswi di Kabupaten Tangerang ini memenuhi asupan gizi yang seimbang.

"Untuk formatnya memang masih seperti yang kita rencanakan," ucapnya.

Baca juga: Pemkot Tangerang lakukan evaluasi jenis menu makan bergizi gratis

Ia menyebutkan dalam penyiapan menu makan ini pihaknya tetap melibatkan sejumlah pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk merealisasikan program makan siang gratis bagi pelajar tingkat pendidikan dasar hingga menengah di daerah itu.

Terkait penggunaan anggaran dalam simulasi program makan gratis bergizi tersebut melalui anggaran pemerintah pusat dengan mekanisme penyaluran dana bantuan operasional sekolah (BOS) masing-masing daerah.

"Jadi, wacananya anggaran itu melalui mekanisme penyaluran dana BOS," ujarnya.

Dadan mengaku hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Tangerang belum menerima penunjukan sebagai lokus percontohan uji coba program MBG Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2024-2029.

"Sampai saat ini belum ada, kita masih menunggu informasi lanjutan. Sementara ini kita koordinasikan terkait lokasi sekolah yang bakal dijadikan tempat uji coba, kemarin kita lihat di SMPN 2 Tigaraksa," kata dia.

Baca juga: Wantimpres apresiasi Pemkot Tangerang biasakan makan bergizi gratis

Pelaksanaan uji coba program MBG sudah dilakukan di dua kota, yakni kota Tangerang dan Cilegon pada Senin 5 Agustus 2024.

Pelaksanaan uji coba atau simulasi itu langsung dipantau oleh Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka di SDN 4 Kota Tangerang.

Biaya makan bergizi gratis di Kota Tangerang sebesar Rp15 ribu untuk satu orang siswa. Menu makan yang disajikan dalam program makan bergizi gratis tersebut sudah sesuai dengan harapan.

"Dari hasil pantauan uji coba di Sentul, Surabaya, Solo, dan sekarang di Kota Tangerang, menu makan telah memenuhi masukan dari para ahli gizi maupun pemerhati lingkungan," kata Gibran.

Baca juga: Uji coba makan gratis di Kota Tangerang hari kedua sasar 4.128 siswa

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024