Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Herman Suwarman mengatakan ormas memiliki peranan penting dalam meningkatkan partisipasi politik sekaligus mendukung kualitas demokrasi karena keberadaannya di tengah masyarakat.

"Ormas memainkan peran krusial dalam memperluas jangkauan masyarakat dan menyampaikan aspirasi mereka melalui forum-forum diskusi politik," kata Sekda Herman dalam acara kegiatan kemitraan yang diikuti oleh 21 ormas  di Taman Bambu, Kota Tangerang, Banten, Kamis.

Maka dari itu, pihaknya mengajak ormas agar bisa ikut serta dalam mensukseskan Pilkada 2024. Hal ini mengingat ormas memiliki kedekatan yang erat dengan masyarakat berkat perannya dalam pelayanan dasar dan kegiatan sosial di lingkungan sekitar.

Kedekatan antara ormas dengan masyarakat tersebut, kata dia, menawarkan alternatif bagi warga untuk terlibat dalam politik tanpa harus terjun langsung ke politik praktis.

Baca juga: Polda Banten gelar simulasi pengamanan pilkada antisipasi kerawanan TPS

Sementara itu, hubungan antara ormas dan parpol, menurut Herman, tidak terpisahkan dalam kontestasi politik di Kota Tangerang.

"Ormas bersama parpol memiliki peran masing-masing dalam partisipasi politik," ucapnya.

Herman berharap ormas dapat berkontribusi dalam menyiapkan kader pemimpin, mengedukasi masyarakat untuk menjadi pemilih yang cerdas, serta menghindari praktik negatif dalam pemilihan umum.

"Suksesnya Pilkada Serentak 2024 bergantung pada pelaksanaan yang aman, damai, berkualitas, serta partisipasi aktif masyarakat dalam menggunakan hak suara mereka," ujarnya.

Sekda Herman menuturkan acara kemitraan ini bertujuan untuk menyukseskan Pilkada 2024 dengan melibatkan kepolisian, TNI, dan pemangku kepentingan lainnya yang memegang peranan strategis.

Baca juga: PKS buka opsi tinggalkan Anies Baswedan dan gabung KIM

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024