Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Kota Tangerang Banten menyebutkan hingga saat ini telah memfasilitasi 2.300 pelaku UMKM setempat dalam penerbitan merek.

"Terkait pengurusan merek ini, pelaku UMKM tidak dikenakan biaya atau gratis. Ini adalah bagian dari komitmen Pemkot Tangerang," kata Kepala Disperindagkop UKM Kota Tangerang Suli Rosadi di Tangerang Rabu.

Terkait upaya tersebut, Pemkot Tangerang meraih penghargaan fasilitasi sertifikasi merek dagang terbanyak di Provinsi Banten dari Kemenkumham Banten.

Penghargaan diberikan langsung Kepala Kantor Kemenkumham Banten Dodot Adikoeswanto dan diterima oleh Sekretaris Daerah Pemkot Tangerang Herman Suwarman dan didampingi Kepala Disperindagkop UKM Suli Rosadi.

Baca juga: Pemkot Tangerang raih penghargaan terkait pendaftaran merek UMKM

Suli menambahkan Pemkot Tangerang sejak 2022 menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Banten yang memfasilitasi pendaftaran merek bagi pelaku UMKM secara gratis atau melalui pendanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Ini menjadi bukti nyata, bahwa dukungan dalam bentuk apapun demi kemajuan produk lokal Kota Tangerang adalah fokus Pemkot Tangerang. Antusias para pelaku UMKM setiap pendaftaran merek gratis dibuka pun terus tinggi, sehingga ini menjadi semangat bersama untuk sama-sama memajukan produk lokal maupun nilai ekonomi masyarakat,” papar Suli.

Selain merek, dukungan Pemkot Tangerang untuk pelaku UMKM juga ditujukan melalui pelatihan, fasilitasi halal, hingga uji laboratorium produk gratis yang terus berlangsung di setiap bulan.

Kepala Kantor Wilayah Dodot Adikoeswanto mengatakan beberapa tahun terakhir ini terlihat semangat dan gairah pemerintah daerah dalam membantu melindungi kekayaan intelektual para pelaku usaha yang sadar akan pentingnya HKI.

“Maka, apresiasi ini berdasarkan data yang tercatat pemerintah daerah mana yang terbanyak memfasilitasi UMKM di wilayahnya. Kebetulan, tahun ini adalah Kota Tangerang dengan konsistensi yang terlihat dari capaian di setiap tahunnya, luar biasa. Semoga, ini bisa menjadi percontohan dan pecutan untuk wilayah lainnya, untuk sama-sama membangkitkan UMKM Provinsi Banten,” katanya.

Baca juga: Disperindagkop Kota Tangerang buka pendaftaran gratis merek UMKM

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024