Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang, Banten, memberikan tablet tambah darah bagi pelajar perempuan dengan menyasar sekolah tingkat SMP di 29 kecamatan untuk mencegah terjadinya anemia.
 
"Anak-anak remaja putri dalam pertumbuhannya membutuhkan tablet tambah darah untuk memenuhi kebutuhan darah. Ini supaya remaja putri di Kabupaten Serang tidak terjadi anemia," kata Kepala Dinkes Kabupaten Serang Rahmat Fitriadi, di Serang, Selasa.

Adapun untuk jadwal pelaksanaan pemberian tablet tambah darah, kata dia, akan terlebih dahulu dikoordinasikan lintas sektor antara Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, juga sektor terkait lainnya.

Baca juga: Pemkab Serang: Survei kepuasan masyarakat atas pelayanan capai 80 persen
 
"Kami akan bersama-sama untuk menyukseskan kegiatan program tambah darah, tentunya semua anak perempuan itu mendapatkan tablet tambah darah, terutama SMP yang merupakan kewenangan Pemkab Serang," ucapnya.
 
Menurutnya, program pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri merupakan program bersama baik itu program nasional, program provinsi, dan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang.
 
Sementara itu Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kabupaten Serang Enik Ukmawati mengatakan kegiatan pemberian tablet tambahan darah juga untuk mempersiapkan kesehatan remaja putri di Kabupaten Serang pada saat nanti hamil dan juga melahirkan. Selain itu juga sebagai upaya menurunkan angka stunting serta angka kematian ibu dan anak.
 
"Ini proses jangka panjang, dari hulu ke hilir kita semua lakukan pelayanan. Kalau tujuan jangka pendeknya agar anak remaja tidak anemia, karena kalau anemia itu akan mengganggu proses dari pembelajaran, karena daya tahan tubuh kita akan turun akhirnya gampang sakit," katanya.

Baca juga: Bupati Serang beri penghargaan pada penggiat koperasi

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Lukman Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024