Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Banten, Nurdin mengatakan adanya ajang internasional di wilayahnya berdampak pada peningkatan sektor ekonomi seperti hunian di hotel.

"Kami sudah cek bahwa hotel-hotel penuh, dan UMKM-UMKM juga diberdayakan sehingga perputaran ekonomi juga dapat terus berjalan," kata Penjabat Wali Kota Nurdin di Tangerang Sabtu.

Perlu diketahui Kota Tangerang kembali menjadi tuan rumah Indonesia Drum Corps International (IDCI) untuk kedua kalinya yang diselenggarakan di Stadion Benteng.

Perhelatan IDCI Kota Tangerang tahun ini digelar dari 1- 4 Agustus 2024 dan menghadirkan kurang lebih 2.000 atlet marching band dari 32 tim yang berasal dari empat negara yakni Indonesia, Hongkong, Malaysia dan Thailand.

Baca juga: Penggunaan teknologi tata naskah dinas tingkatkan layanan masyarakat

Ia juga menuturkan dipilihnya Kota Tangerang sebagai tuan rumah kegiatan skala Internasional merupakan bukti bahwa Kota Tangerang siap menjadi kota yang layak untuk dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara melalui "sport tourismnya"

"Pemerintah Kota Tangerang berkomitmen untuk terus mendukung terselenggaranya berbagai kegiatan serta festival seperti ini, agar Kota Tangerang semakin menjadi Kota Pintar yang layak huni dan layak dikunjungi serta layak investasi," ujarnya.

Presiden IDCI Hari Doyo Sugianto mengatakan Kota Tangerang dipilih kembali karena aksesnya yang mudah dekat dengan bandara dan hotel - hotel hingga fasilitas lainnya yang mumpuni.

Baca juga: Indonesia Drum Corps International di Kota Tangerang resmi dimulai

Representasi Drum Corps International, John DeNovi menuturkan kerja sama IDCI dan DCI selama 10 tahun berjalan dengan sangat baik. Ia juga menyatakan bahwa penampilan yang dilakukan oleh para peserta cukup memukau.

"Sejak 2015 kami sudah berkolaborasi dan saya tidak menyangka bahwa kerja sama antara DCI dan juga IDCA berjalan dengan baik dan bahkan mungkin akan lebih baik lagi. Lalu, acara ini akan menjadi salah satu acara terbesar dari kerja sama yang dilakukan oleh DCI, dan kami sangat bangga menjadi bagian acara ini. Sejak awal hingga akhir, sangat menyenangkan melihat para peserta melakukan sesuatu yang mereka gemari, bekerja sama dengan tim dan sangat menginspirasi," ujarnya.

Kepala Bapenda Kota Tangerang Kiki Wibhawa mengatakan realisasi pajak hotel tahun 2023 tercatat sebesar Rp65.788.533.630 dari target Rp62.000.000.000.000 atau tercapai 106,11 persen.

Baca juga: Pj Wali Kota: Biaya uji coba makan gratis di Tangerang dari dana BOS daerah

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024