Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang, Banten membutuhkan anggaran Rp156 miliar untuk memperbaiki puluhan gedung sekolah yang mengalami kerusakan.

Kepala Dindikbud Kota Serang, Tb Suherman, di Serang, Sabtu gedung sekolah yang mengalami kerusakan tersebut meliputi 24 Sekolah Dasar (SD) dan 20 Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Di Kota Serang masih banyak yang perlu diperbaiki, karena rata-rata mengalami kerusakan fisik kategori sedang," katanya.

Baca juga: Pemkot Serang resmikan dua gedung SDN usai dilakukan perbaikan

Menurut dia, perbaikan sekolah rusak tersebut memang harus dilakukan demi memaksimalkan proses belajar mengajar, namun semuanya harus disesuaikan dengan anggaran yang diterapkan.

"Kebutuhan anggaran perbaikan sekolah yang rusak sekitar Rp156 miliar, tapi tahun ini anggaran dari DAK (Dana Alokasi Khusus) itu kurang lebih Rp65 miliar," katanya menambahkan.

DAK 2024 sebesar Rp65 miliar tersebut, lanjut dia, Rp5 miliar diantaranya untuk SD dan SMP Rp60 miliar.

Selain untuk perbaikan sekolah rusak, lanjut Tb Suherman, Kota Serang juga masih membutuhkan enam gedung bangunan PAUD, karena saat ini ada 12 PAUD yang kondisinya masih menumpang di SD. 

"Kalau untuk PAUD seharusnya di setiap kecamatan terdapat satu bangunan PAUD, makanya kita harus lakukan pembangunan secara bertahap, agar tidak menumpang di SD," pungkas Tb Suherman.

 Baca juga: Mengkhawatirkan, bangunan SDN Pasirkadu 1 terdampak Tol Serang-Panimbang

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024