Pemerintah Kota Serang menggelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio secara gratis di seluruh layanan kesehatan di Kota Serang untuk mencegah generasi emas terjangkit penyakit lumpuh layuh.
 
Sekretaris Daerah Kota Serang, Nanang Saefudin, di Serang, Selasa, mengatakan vaksin polio diberikan kepada anak-anak usia 0 hingga 7 bulan,11 bulan dan 29 Hari.
 
"Kegiatan ini serentak dilakukan di rumah sakit pemerintah dan swasta, juga puskesmas dan posyandu yang tersebar di Kota Serang untuk mencegah generasi emas terjangkit penyakit polio," katanya.

Baca juga: Persiapkan generasi emas, Pemkab Tangerang targetkan 438.523 anak terima imunisasi polio
 
Dalam kurun waktu satu minggu ke depan, Pemkot Serang menargetkan sebanyak 102.000 anak di Kota Serang dapat terimunisasi. Untuk mencapai target tersebut pihaknya meminta kader posyandu melakukan penyisiran bekerja sama dengan camat setempat.
 
“Mudah-mudahan target ini tercapai. Kita instruksikan kepada pejabat kewilayahan dan kader posyandu untuk mengajak anak-anak kita agar diberikan vaksinasi," katanya.
 
Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang, Ahmad Hasanuddin, mengatakan anak bisa terkena penyakit polio apabila tidak mendapatkan imunisasi lengkap, yakni empat dosis vaksin tetes dilanjutkan dua dosis vaksin suntik sebelum berusia satu tahun.

"Target kami sekitar 102.000 anak bisa terimunisasi vaksinasi polio. Maka silakan datang ke tempat pemberian vaksinasi polio, bawa anaknya, hanya setetes dua tetes, rasanya manis dan gratis, tidak dipungut biaya,” katanya.

Baca juga: Sukseskan PIN polio, warga Lebak padati posyandu

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024