Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang mencatat terjadi tren peningkatan capaian realisasi investasi pada triwulan I tahun 2024 dengan triwulan IV 2023 sebesar 78,79 persen.

Kepala DPMPTSP Kota Tangerang Sugihharto Achmad Bagdja di Tangerang Selasa mengatakan, berdasarkan data perbandingan Quarter on Quarter (QoQ), capaian realisasi investasi pada triwulan IV 2023 sebesar Rp2,64 triliun sedangkan pada triwulan I 2024 sebesar Rp4,72 triliun.

"Catatan tren peningkatan realisasi investasi tersebut menunjukkan pertumbuhan iklim investasi dan perekonomian di Kota Tangerang," katanya.

Ia menambahkan capaian realisasi secara keseluruhan sebesar 78,79 persen dengan perincian di bidang Penanaman Modal Asing (PMA) mengalami peningkatan sampai 353,03 persen.

Sedangkan di bidang Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) terjadi kontraksi hanya sebesar -12,63 persen.

Baca juga: DPMPTSP: Realisasi investasi semester I serap 6.068 tenaga kerja

Ia melanjutkan, tren peningkatan capaian realisasi investasi tersebut memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap pertumbuhan perekonomian di Kota Tangerang. Salah satunya, Kota Tangerang optimalisasi penyerapan 6.080 tenaga kerja.

“Peningkatan capaian realisasi investasi periode ini sangat luar biasa, bahkan mengantarkan Kota Tangerang berada di posisi ke tiga sebagai kota dengan angka realisasi investasi terbesar di Provinsi Banten sementara ini,” katanya.

Pemkot Tangerang juga mendorong para investor dan pelaku usaha untuk menyampaikan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) periode Triwulan II tahun 2024 yang akan berakhir 20 Juli 2024.

Adapun panduan pelaporan dapat diakses melalui pranala berikut, https://linktr.ee/lkpm2024.

Baca juga: Kota Tangerang masuk lima besar daerah yang diincar investor asing

Pj Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan Pemerintah Kota Tangerang berkomitmen untuk terus melakukan peningkatan pelayanan publik di bidang pelayanan perizinan, terutama terkait kemudahan dalam perizinan berusaha bagi para pelaku usaha khususnya UMKM.

Di Kota Tangerang, katanya, dari data OSS, hampir 99 persen dari 63.000 Nomor Induk Berusaha (NIB) diterbitkan untuk pelaku UMKM. "Hal ini tentunya sangat berpengaruh dalam peningkatan perekonomian di Kota Tangerang," katanya.

Sementara itu target investasi tahun 2024 sebesar Rp14,36 triliun. Jumlah tersebut meningkat dari target tahun 2023 sebesar Rp9,67 triliun dan terealisasi Rp14,99 triliun.

Baca juga: Pelaku usaha di Kota Tangerang diimbau laporkan kegiatan penanaman modal

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024