Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia mendukung Desa Padarincang, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Banten, menjadi desa wisata mandiri.
 
Direktur Infrastruktur dan Ekonomi Kreatif pada Kemenparekraf RI, Oneng Setya Harini, di Serang, Selasa, mengatakan Desa Wisata Padarincang memiliki potensi yang sangat luar biasa karena banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan ketika berkunjung ke sini.
 
"Ini masih di level rintisan dan ini harus terus dikembangkan agar tahun 2029 bisa menjadi desa wisata mandiri," katanya.
 
Ia mengatakan bentuk dukungan yang akan diberikan oleh Kemenparekraf diantaranya yakni dengan memberikan pelatihan sesuai dengan yang dibutuhkan desa wisata tersebut. Selain itu juga akan menggandeng beberapa perusahaan agar dapat memberikan CRS melalui program pariwisata.
 
"Kerja sama dengan pihak lain seperti BCA, Astra, Propan untuk masuk ke desa wisata yang sudah ADWI, karena keterbatasan anggaran di Kementerian maka kita melakukan program CSR dan melakukan kolaborasi di internal Kementerian untuk memberikan pelatihan kepada desa wisata," katanya.

Baca juga: Masuk 50 desa terbaik, Menparekraf akan kunjungi Desa Wisata Kacida Cibuntu
 
Dalam mengembangkan desa wisata tidak bisa dilakukan secara instan dan harus berkelanjutan. Untuk keasrian di Desa Padarincang menurutnya, sudah sangat luar biasa dan ini harus terus dirawat dan dijaga lingkungannya.
 
Komitmen yang dilakukan oleh Desa Padarincang sudah luar biasa, karena menyadari anggaran dana desa untuk meningkatkan perekonomian warga dan dialokasi ke pengembangan wisata.
 
"Sudah luar biasa, begitu menyadari adanya anggaran dana desa itu langsung terbuka bahwa pariwisata lah yang dapat meningkatkan perekonomian bagi masyarakat," katanya.

Sudah cukup banyak desa wisata di kabupaten serang dan kembali lagi bagaimana masyarakat dan pemerintah terkait bisa mendorong dan mempertahankan pariwisata tersebut.
 
"Maka perlu adanya pengemasan dan ciri khas yang dimiliki oleh desa wisata tersebut. Kita harus dapat mengemas dengan keunikan sendiri, pasti bersentuhan dengan desa lainnya karena untuk wisata pasti akan sama dengan desa satu dan lainnya," katanya.
 
Sementara itu, untuk akses menuju ke desa wisata juga sudah cukup baik dan tidak terlalu jauh dari perkotaan sehingga akses cukup mudah.
 
Diketahui beberapa lokasi yang berada di Padarincang, yaitu wisata Kacida Cibuntu, Pemandian Cipalias, Curug Cigumawang, dan river tubing.

Baca juga: Desa Padarincang masuk 50 desa wisata terbaik ADWI 2024

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024