Pandeglang (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak)  menjamin ketersediaan pupuk bersubsidi untuk kebutuhan sampai dengan akhir tahun ini.

"Kalau untuk kebutuhan sampai akhir tahun ini cukup. Semua jenis pupuk tersedia," kata Kepala Seksi Pupuk Pestisida dan Alat Mesin Pertanian Distanak Pandeglang Dicky di Pandeglang, Kamis.

Menurut dia, ada lima jenis pupuk bersubsidi untuk mendukung pengelolaan pertanian di daerah ini, yakni urea, SP36, NPK, ZA dan pupuk organik.

Selama ini, kata dia, penyaluran pupuk bersubsidi pada petani berjalan lancar, kalaupun ada permasalahan pada pengiriman karena terkait infrastruktur jalan yang belum memadai.

"Walapun ada keterlambatan karena pada transportasi saja, apalagi kalau sudah turun hujan memang agak kurang lancar, tapi tidak menyebabkan terjadinya kelangkaan," ujarnya.

Permasalahan pengiriman terutama masih terjadi ke wilayah selatan, tapi relatf tidak mengganggu pemumpukan tanaman pertanian. Sampai saat Distanak belum mendapat   pengaduan adanya permasalah dalam penyaluran pupuk bersubsidi itu.

"Belum ada keluhan petani menyangkut kelangkaan pupuk, ataupun laporan terjadi penyimpangan dalam penyalurannya," ujarnya.

Penyaluran pupuk, kata dia, relatif lancar karena terus dilakukan pengawasan Distanak sudah menempatkan petugas pengawasan pada semua kecamatan yang ada di wilayah itu.

"Di Kabupaten Pandeglang  ada 35 kecamatan, dan pada tiap kecamatan kita sudah tempatkan petugas pengawas penyaluran dan pendistribusian pupuk bersubsidi," katanya.

Selaian itu, kata dia, penggunaan pupuk tani dalam penebusan pupuk bersubsidi juga memudahkan pengontrolan, artinya pupuk itu benar-benar sampai pada petani. Petani di daerah ini telah memiliki kartu tani.*

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017