Penjabat Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan pengembangan sektor ekonomi kreatif (ekraf) dengan pemanfaatan teknologi informasi dan digital diperlukan untuk mendukung transformasi ekonomi.

"Perlu dilakukan berbagai akselerasi dalam bidang ekonomi kreatif serta pemanfaatan teknologi informasi digital, salah satunya adalah e-commerce," kata dia pada kegiatan Bimtek "E-Commerce" bagi Pelaku Ekonomi Kratif Kota Tangerang yang diinisiasi (Kemenparekraf/Baparekraf) bekerja sama dengan DPR RI di Tangerang, Kamis.

Ia menjelaskan Kota Tangerang sebagai "kota seribu industri" dan "sejuta jasa" memiliki berbagai keunggulan dari segi SDM maupun lokasi yang strategis.

"Tentunya tidak hanya dihadapkan pada potensi ekonomi yang harus terus dijaga, tetapi juga dengan berbagai tantangan yang harus dihadapi bersama dalam upaya menjaga kondusivitas iklim usaha dan investasi di dalamnya," katanya.

Baca juga: Pemkot Tangerang reaktivasi koperasi yang kurang berkembang

Pemkot Tangerang juga terus berkomitmen dan berupaya untuk menyongsong transformasi ekonomi Kota Tangerang sebagai salah pusat destinasi wisata dan industri kreatif di Indonesia.

Pemkot terus membangun dan mengembangkan ekosistem bisnis dan industri kreatif melalui penyediaan sarana dan prasarana serta dukungan teknologi informasi sebagai kota pintar melalui Super Apps yang dihadirkan untuk pelayanan kepada masyarakat.

"Ini juga bagian upaya untuk terus mendukung Kota Tangerang sebagai sport tourism dengan penyediaan berbagai fasilitas olahraga yang berkelas internasional," katanya.

Baca juga: Pembangunan jalan Kisamaun Pasar Lama ditarget selesai 10 hari lagi

Dengan upaya-upaya tersebut, diharapkan ekosistem dan jejaring industri kreatif di Kota Tangerang dapat terus terbangun dan berkembang menjadi semakin masif dan menjadikan Kota Tangerang sebagai salah satu kota kreatif di Indonesia.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan bimtek tersebut, seraya berpesan kepada para peserta agar dapat mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya.

"Terima kasih kepada Kemenparekraf dan DPR RI atas dukungannya dalam pengembangan ekonomi kreatif di Kota Tangerang, dan kepada para pelaku ekraf di Kota Tangerang, saya berpesan agar senantiasa berinovasi menjadi penggerak bangkitnya ekonomi Kota Tangerang melalui sektor ekonomi kreatif ini," katanya.

Baca juga: RSUD Kota Tangerang buka layanan konsultasi bagi pecandu judi online

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024