Sebanyak 58 pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) di Kota Tangerang Selatan dipasangi internet gratis oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

Kepala Dinas Kominfo Tangsel, Tb. Asep Nurdin di Tangerang Rabu mengatakan layanan internet gratis yang dipasang tersebut memiliki kecepatan sebesar 20/ Mbps.

"Tapi tahun 2025 akan ditingkatkan menjadi 50/Mbps. Sehingga diharapkan fasilitasi ini mampu memudahkan PKBM dalam kegiatan sehari-harinya," kata Asep dalam keterangannya resminya.

Ia berharap PKBM yang telah dipasang layanan internet gratis ini bisa naik dengan adanya akses digital yang sangat mudah dan difasilitasi. "Bisa mengembangkan kreatifitasnya," ujarnya.

Baca juga: Enam rumah rusak tertimpa atap sekolah di Tangerang Selatan

Ia juga menjamin soal keamanan ke pengguna ketika menggunakan layanan internet gratis. Pasalnya teknis penggunaan tidak diminta memasukan nama apalagi Nomor Induk Kependudukan (NIK).

"Tidak ada data pribadi kayak alamat atau NIK nya dan sebagainya, pastinya aman," ujarnya.

Tak hanya PKBM yang difasilitasi internet gratis, lanjut Asep, Diskominfo juga telah memasang 1.063 titik gratis internet di berbagai ruang publik seperti Taman Bermain, Taman Baca, Taman Kota, Sarana Ibadah, Balai Warga, Sarana Olahraga, Posyandu dan tempat berkumpul lainnya.

"Untuk tahun depan kita menargetkan 2.500 titik akan terpasang internet gratis," katanya.

Sementara itu mekanisme pemasangan internet gratis di PKBM oleh Dinas Kominfo Kota Tangerang Selatan merupakan dari hasil usulan yang disampaikan.

"Jadi teman-teman PKBM mengusulkan dengan menuliskan nama dan alamat harus detail dan lengkap. Sifatnya pengajuan dulu, kalau kita langsung pasang tapi ternyata tidak dibutuhkan," katanya.

Baca juga: Dinkes: PIN Polio Tangerang Selatan sasar 156.904 anak

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024