Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten menerima penghargaan dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) setempat atas partisipasi dalam Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Kepala BNNP Banten Rohmad Nursahid kepada Kepala Kanwil Kemenkumham Banten, Dodot Adikoeswanto, dalam kegiatan Edukasi Publik dan Penghargaan P4GN sebagai rangkaian Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional Tahun 2024 di Serang.

“Penghargaan ini adalah apresiasi dan ucapan terima kasih kami kepada mitra BNNP Banten baik lembaga ataupun perorangan yang telah turut berpartisipasi dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN)," kata Kepala BNNP Banten Rohmad Nursahid dalam keterangannya diterima, Rabu.

Baca juga: Terkait izin tinggal, Imigrasi Tangerang tahan tiga warga negara Nigeria

Rohmad menyebut, masalah narkoba di Provinsi Banten saat ini sangatlah kompleks, karena jaringan sindikat narkoba yang sudah sangat kreatif.

Ditambah, akses mobilisasi untuk masuk ke wilayah Provinsi Banten dianggap strategis dari segala penjuru, baik darat, laut maupun udara, sehingga memerlukan adanya kewaspadaan dan kehati-hatian.

“Untuk itu, kami berharap seluruh lapisan baik Pemerintahan maupun masyarakat di wilayah Provinsi Banten bergerak cepat. Bersama kita wujudkan Provinsi Banten yang bersih dari narkoba," ujar dia.

Baca juga: Kemenkumham ingin genjot pendaftaran Paten di Provinsi Banten

Penjabat Gubernur Banten, Al Muktabar dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Provinsi Banten yang telah bersinergi dalam pelaksanaan P4GN di daerah ini.

“Terima kasih atas gagasan dan langkah yang dilakukan seluruh pemangku kepentingan dalam P4GN, sehingga apa yang menjadi mandat Presiden RI dalam pencegahan dan pemberantasan narkotika sebagai kedaruratan yang perlu dicegah dan diberantas dapat terlaksana dengan baik," ujar Al Muktabar.

Sementara, Kepala Kanwil Kemenkumham Banten, Dodot Adikoeswanto mengaku berbangga atas penghargaan yang diterima.

Dodot mengatakan, bagi Kemenkumham Banten komitmen ini menjadi penting, mengingat separuh dari jumlah penghuni lapas atau rutan yang ada di wilayah Provinsi Banten didominasi oleh kasus narkotika.

“Harapannya, semoga ke depannya Kanwil Kemenkumham Banten dengan BNN Provinsi Banten dapat senantiasa menjalin komunikasi serta kerja sama yang baik, dan menjadi sebuah sistem yang berkelanjutan," ujar dia.

Baca juga: Kemenkumham Banten ingatkan Notaris pentingnya jalankan PMPJ

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024