Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Banten menggelar peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tingkat Provinsi Banten yang ke-31, yang digelar di Halaman Kantor Wali Kota Cilegon, Sabtu.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar dan Wali Kota Cilegon Helldy Agustian. 

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas dipilihnya Kota Cilegon sebagai tuan rumah Harganas 2024.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Banten telah memilih Kota Cilegon sebagai tuan rumah Harganas ke-31. Ini menjadi suatu kehormatan bagi kami," kata Helldy.

Baca juga: Pemkot Cilegon kembali Juara 3 Paritrana Award 2023

Momen Harganas 2024 itu, tambah Helldy, memiliki tujuan yang sejalan dengan tema yang diusung, yakni mewujudkan keluarga berkualitas untuk menyongsong Indonesia emas. "Akan ada apresiasi yang diberikan oleh langsung oleh Pak Pj Gubernur agar dapat memberikan motivasi bagi para kader di Provinsi Banten, khususnya di kota Cilegon," tambahnya. 

Dalam hal ini, Helldy menjelaskan terkait realisasi program Sarana dan Prasarana Lingkungan (Salira) di Kota Cilegon yang sejak awal banyak diperuntukkan untuk membangun Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

"Masyarakat Kota Cilegon begitu peduli terhadap penanganan stunting. Maka pada awal kami menjabat dan memberikan dana Salira sebesar Rp 100 juta per RW (Rukun Warga) yang kebanyakan diperuntukkan untuk membangun Posyandu dalam rangka salah satu penanganan angka stunting. Maka dari itu, Insya Allah sekarang di Cilegon tidak ada lagi Posyandu yang tidak terawat," jelasnya.

Baca juga: Besok, launching maskot Pilkada Cilegon dan dimeriahkan penyanyi ibu kota

Sementara itu, Pj Gubernur Banten Al Muktabar menerangkan bahwa keluarga merupakan basis penting.

"Kita baru saja mengikuti rangkaian peringatan Harganas ke- 31 tingkat Provinsi Banten yang dipusatkan di Kota Cilegon. Dimana, keluarga sangat penting dan mendasar, karena keluarga adalah basis dari kehidupan keseharian kita dekat rumah tangga. Tentu kita ingin sampai ke tingkat keluarga yang akan terus mandiri atau kita sebut dengan keluarga yang mandiri dengan segala aktivitasnya, terutama di bidang ekonomi, sosial, budaya. Jadi, tidak saja ketahanan, tapi kedaulatan keluarga, karena itu adalah bagian dari tujuan kemerdekaan Indonesia," terangnya.

Baca juga: Polda Banten bongkar kecurangan penyalahgunaan gas bersubsidi di Cilegon

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024