Calon penumpang penerbangan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, mengalami penumpukan di sejumlah check in counter pada pemeriksaan imigrasi akibat terjadinya gangguan pada server Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Insiden tersebut pun dibenarkan oleh Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soetta, Holik Muardi.

"Ya, antrean memang ada karena kan di cek manual," katanya, di Bandara Soetta, Kamis.

Menurut dia, perihal antrean tersebut terjadi akibat adanya dampak dari gangguan pada server yang dikelola langsung oleh Kemenkominfo RI.

Baca juga: Cegah penumpukan, layanan transportasi di Bandara Soetta dipindah

Dengan adanya kejadian itu, pihak pengelola Bandara Soetta melakukan koordinasi dengan Imigrasi ataupun otoritas setempat untuk melakukan penguraian antrean.

"Itu karena khusus, kita (pengelola) tidak bisa serta-merta. Jadi, kita bantu secara fasilitas," ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga kini masih melakukan penanganan terkait kendala yang dialami pada sistem data pengimputan penumpang tersebut dengan menambah petugas pelayanan.

"Tapi kalau petugas memang tidak bisa ada di wilayah Imigrasi tersebut, kalau di area tertentu seperti Imigrasi tidak boleh ada petugas lain karena ada undang-undangnya," ujarnya.

Baca juga: Menhub targetkan Nusantara Airport bisa dipakai terima tamu HUT RI di IKN

Sementara itu, Imigrasi Bandara Soetta pun membenarkan dalam kejadian tersebut. Dimana, gangguan server pusat data nasional (PDN) Kominfo yang hampir terjadi di semua kantor Imigrasi dan instansi atau lembaga lain yang juga menyimpan data di Pusat Data Nasional.

Diketahui, kondisi penumpukan penumpang terjadi di area keberangkatan di Terminal 3 Bandara Soetta yang viral melalui salah media sosial (medsos) X.

Dimana, para penumpang mengantre panjang untuk melakukan pemeriksaan keimigrasian di sejumlah check in counter yang ada.

Melalui akun @jesswjk menuliskan bahwa terjadi penumpukan penumpang dikarenakan terkendala sistem pemeriksaan di autogate terminal penerbangan tersebut

"Keren nih Soekarno Hatta, antre Imigrasi tumpah-tumpah gak ada yang ngatur. Autogate mati semua," tulisnya.

Baca juga: Polri sumbang 24 ekor hewan kurban ke warga sekitar Bandara Soetta
 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024