Pemerintah Kota Tangerang, Banten menyerahkan 47 ekor hewan kurban yang disembelih di Masjid Raya Al Azhom dan Masjid Agung Al-Ittihad dalam momentum hari raya Idul Adha.

Pj Wali Kota Tangerang Nurdin di Tangerang, Senin, mengatakan sebanyak 26 ekor hewan kurban diserahkan ke Masjid Raya Al Azhom dengan rincian 22 ekor sapi dan empat ekor kambing.

"Lalu di Masjid Al-Itthad diserahkan delapan ekor sapi dan 13 ekor kambing," kata Pj Wali Kota Nurdin usai kegiatan shalat Idul Adha di Masjid Raya Al Azhom.

Ia mengajak seluruh masyarakat Kota Tangerang untuk menjadikan momentum hari raya Idul Adha sebagai ajang untuk mempertebal imam dan takwa sekaligus meningkatkan kontribusi positif.

"Semoga semangat berkurban menginspirasi kita semua untuk selalu berbagi, peduli terhadap sesama. Mari kita tingkatkan partisipasi aktif dan kontribusi positif bagi pembangunan kota, dan bagi ASN terus tingkatkan rasa keikhlasan dan pengabdian dalam melayani masyarakat," katanya.

Baca juga: Polres Metro Tangerang Kota kerahkan 320 personel amankan Idul Adha

Sebelumnya untuk memberikan rasa aman dan kemudahan bagi masyarakat dalam memilih hewan kurban, Pemkot Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) rutin berkoordinasi dengan camat, lurah serta pengelola atau penjual hewan ternak di seluruh wilayah.

Kegiatannya adalah melakukan pengecekan kesehatan hewan ternak guna memastikan hewan kurban dalam kondisi sehat dan terbebas dari virus penyakit mulut dan kuku (PMK).

Selain itu, juga rutin menggelar sosialisasi dan pelatihan pemotongan hewan kurban untuk membekali para panitia pemotongan hewan kurban.

Baca juga: Burung Kareo jadi maskot Pilkada Kota Tangerang

Sehingga memiliki kompetensi sesuai dengan prosedur pemotongan hewan yang baik, higienis, dan memprioritaskan aspek kesehatan yaitu melalui “Jagal Warisan Umaro dan Ulama (JAWARA), Pelatihan Juru Sembelih Halal (JULEHA), Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Banten II.

"Kita juga turut bekerjasama dengan berbagai pihak universitas, seperti dari Institut Pertanian Bogor, dan lainnya," katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Herman Suwarman mengajak seluruh masyarakat untuk mendoakan para jamaah haji yang sedang beribadah ke tanah suci.

"Khususnya bagi 1.762 calon haji asal Kota Tangerang yang akan diterima langsung di Asrama Haji Provinsi Banten di Cipondoh Kota Tangerang," katanya.

Baca juga: KPU target partisipasi pemilih Pilkada Kota Tangerang tembus 82 persen

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024