Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Banten, Nurdin mengatakan Festival Perahu Naga di Sungai Cisadane merupakan wisata budaya potensial yang harus dilestarikan dan memiliki nilai ekonomi.

"Bahkan wisata budaya ini bisa dinikmati juga oleh para wisatawan dari luar daerah bahkan internasional," kata Pj Wali Kota Nurdin saat membuka  lomba perahu naga dalam rangkaian Festival Peh Cun 2575/2024 di Sungai Cisadane Sabtu.

Ia menuturkan sebagai masyarakat Kota Tangerang perlu merasa bangga atas keanekaragaman budaya yang dimiliki dan masih eksis hingga saat ini.

“Ini jadi bukti warisan budaya ini masih dan akan terus mengakar dan menjadi identitas di Kota Tangerang,” ujarnya.

Baca juga: Generasi muda Tangerang diajak lestarikan Festival Peh Cun

Bukan hanya festival tahunan semata, Festival Peh Cun juga diisi berbagai kegiatan seperti lomba perahu naga, lomba tangkap bebek, bazar kuliner khas Tionghoa serta masih banyak lainnya yang bisa menjadi daya tarik wisata yang potensial.

Sebagai informasi, Festival Peh Cun Perahu Naga ini diperingati setiap tanggal 5 bulan 5 dalam penanggalan imlek di berbagai negara, termasuk di Indonesia yang digelar di Kota Tangerang. 

Pada tahun ini berlangsung sejak tanggal 6 - 16 Juni 2024 yang dimeriahkan oleh berbagai kesenian dan budaya Tionghoa khas Kota Tangerang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang Rizal Ridolloh menambahkan, Festival Parahu Naga Peh Cun selama ini juga dikenal sebagai festival unggulan yang banyak dikunjungi wisatawan.

Baca juga: Perkumpulan Boen Tek Bio bersama masyarakat bersihkan Sungai Cisadane

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024