Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Tangerang mengumpulkan kader untuk memperkuat sistem informasi yang terintegrasi di Kampung KB dalam program Bangga Kencana.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Tangerang Tihar Sopian di Tangerang, Banten Jumat mengatakan program Bangga Kencana merupakan langkah strategis yang berfokus untuk pengendalian kependudukan, keluarga berencana, sampai peningkatan kesejahteraan keluarga yang berkualitas.

Oleh karena itu kegiatan ini dihadiri oleh kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan Kader Rumah Data Kependudukan di seluruh Kota Tangerang.

"Pembinaan ini sangat penting untuk mensukseskan agenda program bangga kencana di Kota Tangerang untuk memperkuat sistem informasi keluarga," kata dia dalam acara di Puspemkot Tangerang.

Baca juga: Pemkot Tangerang targetkan setiap kecamatan miliki TK negeri

Ia melanjutkan, pembinaan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas manajemen dan administrasi sehingga implementasi program Bangga Kencana dapat berjalan optimal, efektif dan efisien.

“Pembinaan ini berisi berbagai sesi penyampaian materi, mulai dari pelatihan intensif tata kelola administrasi, pengelolaan data kependudukan, sampai pengkajian strategis pelaksanaan program Bangga Kencana di lingkungan masing-masing,” ujarnya.

Selain itu, pembinaan tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mendukung optimalisasi kampung KB di Kota Tangerang.

"Kita terus sosialisasikan program KB kepada masyarakat. Peran kader sangat penting agar program Bangga Kencana bisa diimplementasikan di lapangan," ujarnya.

Baca juga: Warga diimbau tak gunakan kantong plastik untuk wadah daging kurban

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024