Bupati Serang di Provinsi Banten, Ratu Tatu Chasanah menyatakan bahwa anak usia dini merupakan investasi yang sangat penting untuk menciptakan sumber daya manusia berkualitas.
 
"Perlu disadari bahwa anak-anak usia dini sangat penting investasi yang harus dilakukan untuk SDM Kabupaten Serang dimulai dari anak usia dini," kata Tatu usai melepas Gebyar Akhirussanah PAUD se Kabupaten Serang pentas seni dan kreativitas anak di Lapangan Tenis Indoor, Pemkab Serang, Selasa.

Tatu mengatakan bahwa gebyar akhirussanah PAUD merupakan kegiatan untuk memberikan semangat kepada para orang tua khususnya guru-guru paud, agar mereka lebih konsen lagi terhadap putra-putrinya.

"Perkembangan kecerdasannya, kesehatannya tentu harus kita siapkan. Pengenalan lingkungan sosial supaya mereka juga lebih peka terhadap orang lain. Maka untuk peningkatan PAUD ini dari berbagai sisi,"ujarnya.

Baca juga: Pemkab Serang susun pembangunan smart city untuk tingkatkan layanan
 
Dari sisi pemberian beasiswa SI untuk guru PAUD sudah masuk 2 gelombang yakni angkatan pertama 371 orang guru sudah lulus sarjana. Kemudian saat ini gelombang kedua ada 368 guru tengah menimba ilmu dari program beasiswa guru PAUD.
 
”Tujuannya tadi untuk supaya para guru PAUD punya bahan ajar atau cara mendidik anak-anak usia dini dengan benar, karena kalau salah mendidik tata caranya juga salah khawatir karena pembentukan karakter di mulai dari anak-anak usia dini. Ini bagian dari ucapan terimakasih kami dari jajaran Pemerintah Kabupaten Serang,” katanya.
 
Sedangkan terkait sarana prasarana, untuk saat ini pihaknya tengah fokus menyelesaikan infrastruktur SDN dan SMP. Kemudian jika sudah mendekati selesai maka akan fokus penanganan sapras PAUD.

Baca juga: Empat BUMDesma di Kabupaten Serang raih opini WTP
 
”Karena infrastruktur tempat belajar mengajar mereka harus kita perhatikan. Memang ada yang sudah bagus yang secara finansial mampu, namun jika yang tidak mempunyai kemampuan keuangan ini yang harus kita support,” katanya.
 
Sementara itu, Ketua Forum Pendidik Satuan PAUD Sejenis dan Kader Bina Keluarga Balita atau FP SPS IKBA Kabupaten Serang, Kuratu Akyun, mengatakan gebyar akhirussanah PAUD atau akhir yang baik bagi siswa siswi PAUD yang akan melanjutkan ke jenjang sekolah dasar. Adapun jumlahnya sebanyak 2.500 siswa siswi PAUD tersebar di 29 kecamatan se Kabupaten Serang.
 
”Dengan gebyar akhirussanah mereka kita antar dengan kebaikan, untuk terus melanjutkan sekolah,” ujarnya.

Baca juga: KPK dampingi Pemkot Serang tarik kendaraan dinas yang dikuasai eks pejabat

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024