Pemerintah Kota Tangerang Banten melalui Dinas Ketahanan Pangan melakukan skrining kesehatan hewan kurban untuk memastikan layak disembelih saat Hari Raya Idul Adha

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Muhdorun di Tangerang, Senin, mengatakan kegiatan itu dilakukan seiring meningkatnya pembelian hewan kurban oleh masyarakat sehingga Pemerintah ingin memastikan kondisi hewan kurban dalam keadaan sehat.

"Untuk menjamin terlaksananya ibadah kurban, kita melakukan pemantauan ke lapak penjual hari ini memastikan hewan kurban dalam keadaan sehat," kata dia saat memantau lapak hewan Kurban, Cipondoh Makmur.

Selain itu Dinas Ketahanan Pangan juga membentuk tim Kesehatan Hewan (Keswan) untuk penanganan jika ditemukan ada hewan yang kondisi tidak sehat.

"Sejauh ini belum ditemukan. Tetapi jika ada maka akan langsung diambil langkah penanganan sesuai aturan," ujarnya.

Baca juga: Distan sebut kebutuhan hewan kurban di Banten tembus 86 ribu ekor

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin menambahkan berdasarkan hasil skrining yang dilakukan oleh tim medis hewan, sapi-sapi yang dijual di sini dipastikan dalam kondisi sehat, tidak cacat, dan cukup umur.

"Hewan-hewan ini telah memenuhi kriteria yang disyaratkan untuk dijadikan hewan kurban, sehingga ibadah kurbannya insya Allah diterima oleh Allah SWT," katanya.

Ia mengatakan pada tahu ini, diperkirakan terdapat sekitar 23.000 ekor hewan kurban. Kondisi ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

"Jumlah ini tergolong cukup besar dan menjadi peluang bagi para peternak untuk meningkatkan pendapatannya," ujarnya.

Lalu sebagai tanda bahwa hewan kurban telah melalui proses skrining dan layak untuk dikurbankan, Pemkot menempelkan stiker hewan kurban yang telah diperiksa di lokasi lapak. Stiker tersebut dapat menjadi panduan bagi masyarakat dalam memilih hewan kurban.

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk membeli hewan kurban di tempat yang terpercaya dan telah mendapatkan pemeriksaan kesehatan dari tim medis hewan.

“Pastikan hewan kurban yang dibeli dalam kondisi sehat dan memenuhi kriteria yang disyaratkan,” ujarnya.

Baca juga: 54 pengurus DKM di Lebak diharapkan mampu jadi juru sembelih halal

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024