Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Lebak berharap 54 orang pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten lulus sebagai juru sembelih halal (Juleha) hewan kurban melalui pelatihan yang dilaksanakan DPD Juleha.
 
Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lebak drh Hanik Malichatin di Rangkasbitung, Lebak, Senin, mengatakan para peserta pelatihan Juleha itu dibekali pemahaman untuk memenuhi dua aspek yakni aspek kehalalan dan aspek kesejahteraan hewan (Kesrawan).
 
Kedua aspek tersebut sejalan dengan persyaratan prinsip dasar penyembelihan sehingga peran juru sembelih menjadi sangat penting dalam memastikan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban agar memenuhi persyaratan syariat Islam.
 
Oleh karena itu, materi pelatihan penyembelihan hewan kurban adalah bagaimana mereka memahami tentang teknik dan praktik penyembelihan, higienis, sanitasi pemotongan serta penanganan daging.

Baca juga: Pemkot Tangerang-MUI gelar pelatihan sembelih hewan kurban.
 
Penyembelihan hewan kurban harus sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) 99002:2016 tentang Pemotongan Halal.
 
"Kita sebentar lagi Hari Raya Idul Adha 2024 diharapkan para peserta Juleha dapat memahami penyembelihan hewan kurban halal itu," katanya.
 
Menurut dia, untuk memastikan kesehatan hewan juga melibatkan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) dan Mantri Tani Desa (MTD) dalam pemeriksaan hewan kurban.

Baca juga: Bupati Tangerang lepas 100 petugas pemeriksa hewan kurban
 
Para petugas melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban ke DKM-DKM agar pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dapat memenuhi persyaratan teknis dalam rangka menjamin daging kurban yang akan dibagikan kepada masyarakat sesuai kriteria Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).
 
"Kami berharap 54 pengurus DKM itu bisa memahaminya mulai teknik penyembelihan sampai pendistribusian daging hewan kurban," katanya.
 
Sementara itu, Ketua DKM Masjid Al A'raf Rangkasbitung Kabupaten Lebak H Eri Rahmat mengatakan dirinya sangat mendukung kegiatan pelatihan Juleha untuk mengetahui kehalalan hewan kurban dan kesehatan hewan.
 
"Kami berharap pelatihan Juleha terus berlanjut untuk pengurus DKM yang lain," katanya.

Baca juga: Jelang Idul Adha, harga bahan pokok di Lebak stabil

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024