Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon bekerjasama dengan PT Lotte Chemical menggelar kegiatan penyuluhan bimbingan jabatan di Aula Dinas Kominfo, Kota Cilegon, Rabu.

Kabid Penempatan Tenaga Kerja, Disnaker Kota Cilegon, Hidayatullah menjelaskan kegiatan ini digelar untuk memberikan pembekalan kepada para pencari kerja (pencaker) dalam rangka mengikuti seleksi rekrutmen di perusahaan.

Kegiatan ini sedikitnya diikuti sebanyak 150 orang peserta. Dimana sebanyak 140 diantaranya merupakan para pencari kerja yang lolos seleksi administrasi, dari total 645 orang yang mendaftar pada perekrutan tenaga kerja di PT Lotte Chemical. Sedangkan sebanyak 10 orang peserta lainnya merupakan peserta umum.

"Ini namanya penyuluhan bimbingan jabatan (PBJ), untuk membekali pencari kerja Cilegon dalam rangka mengikuti seleksi rekrutmen di perusahaan. Alhamdulillah untuk PBJ kali ini dengan Lotte. Kenapa dengan Lotte? Karena Lotte sedang melakukan tahap lanjutan proses seleksi. Makanya kami minta, agar Lotte bisa memberikan  pembekalan apa yang harus disiapkan. Baik meliputi apa saja yang biasa ditanya dan disiapkan menghadapi sesi wawancara, interview, persiapan tes, curriculum vitae, atitude, soft skill agar pencari kerja memiliki kesiapan dan keterampilan ini untuk melamar pekerjaan di Lotte maupun di perusahaan lainnya," Jelas Dayat.

Baca juga: Ini hasil survei LKPI untuk Pilkada Kota Cilegon 2024

Hal ini dilakukan mengingat tak jarang, masyarakat pencari kerja mengabaikan beberapa hal yang sebenarnya harus diperhatikan saat melamar pekerjaan. 

"Jadi terkadang kita kurang persiapan, seperti membuat cv yang asal, terkait bagaimana cara berpakaian, bicara, etika dan sebagainya yang mempengaruhi saat proses seleksi tapi terkadang kita remehkan. Untuk itu kami harap, setelah ini peserta bisa mengaplikasikan nya nanti saat mencari pekerjaan," katanya.

Pihaknya juga mengaku, ke depan akan mengadakan kegiatan ini di wilayah kecamatan-kecamatan kerjasama dengan HRD perusahaan di wilayah sekitar untuk bisa memberikan keterampilan kepada masyarakat pencari kerja terkait tata cara melamar ke perusahaan.

Baca juga: Tingkatkan pelayanan, Wali Kota Cilegon rencanakan tambah tiga Puskesmas baru

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024