Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang mempertahankan lumbung padi untuk menjaga stabilitas harga pangan menjelang hari Raya Idul Adha 1445 H.
 
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Nanang Supriatna, di Serang, Kamis, mengatakan harga pangan menjelang hari Raya Idul Adha akan tetap stabil mengingat beberapa bahan pangan di Kabupaten Serang mengalami surplus. 
 
Salah satunya pada April 2024 panen raya padi dan beras mengalami surplus sehingga bisa menjadi penyumbang untuk daerah-daerah lain seperti Karawang dan sebagainya. 
 
”Kita pertahankan lumbung padi yang ada di Kabupaten Serang, sehingga kita bisa stabil di komunitas padi atau beras. Dan di komunitas lain seperti sayuran, cabai, bawang, telur di Kabupaten Serang banyak ternak petelur yang juga bisa menyumbang untuk daerah lain,” katanya. 

Baca juga: Dinsos Kabupaten Serang cepat tanggap tangani korban bencana selama 2024
 
Menurutnya, jika harga terkendali dan tidak terjadinya inflasi tentu ada penghargaan kinerja dari pemerintah pusat dengan mendapatkan intensif fiskal. 
 
"Akan tetapi kita bukan hanya mengejar itu, yang paling terpenting bagaimana mengendalikan harga agar stabil," katanya. 
 
Sebelumnya Kabupaten Serang menjadi salah satu lokus panen padi Nusantara 1 Juta hektare se-Indonesia di Kampung Pegadungan, Desa Tenjo Ayu, Kecamatan Tanara. Sehingga Kabupaten Serang mempunyai kontribusi besar terhadap ketahanan pangan nasional. 

Baca juga: 75 ribu botol miras disita jajaran Polda Banten
 
Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian dan SDA Setda Kabupaten Serang, Febrian Ripera mengatakan sembilan langkah yang dilakukan oleh Pemda dalam pengendalian inflasi daerah meliputi Pemantauan harga dan stok untuk memastikan kebutuhan tersedia dan melaksanakan rapat teknis TPID. 
 
Kemudian menjaga pasokan bahan pokok dan barang penting, melaksanakan pencanangan gerakan menanam, melaksanakan operasi pasar murah, melaksanakan sidak pasar dan distributor agar tidak menahan barang, koordinasi dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan, merealisasikan BTT untuk dukungan pengendalian inflasi, serta memberikan bantuan transportasi dari APBD. 
 
"Jadi sebagai kunci sukses maka inflasi harus dijadikan sebagai isu daerah yang dilaksanakan berkolaborasi di bawah koordinasi sekda, serta merealisasikan pelaksanaan road map dan program kerja TPID," pungkas dia.

Baca juga: Bupati Serang usulkan dua Raperda termasuk RPJPD

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024