Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Serang selama Tahun 2024 telah melakukan beberapa langkah cepat tanggap dalam melaksanakan penanganan korban bencana terutama yang terjadi sampai dengan pertengahan Mei 2024.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Serang Subur Prianto di Serang, Kamis menjelaskan langkah Dinas Sosial Kabupaten Serang yang telah dilakukan dalam penanganan korban bencana berupa pemberian bantuan bahan pangan dan sandang kepada para korban bencana serta pembuatan tempat penampungan pengungsi.  

Subur Prianto mengemukakan pada akhir April sampai dengan awal Mei 2024 beberapa kecamatan di Kabupaten Serang terkena bencana banjir diantaranya yaitu Kecamatan Cikande, Kopo, Jawilan, Binuang dan Tanara. 

"Selain banjir bencana yang terjadi sampai dengan pertengahan Mei 2024 itu adalah rumah roboh, kebakaran dan angin puting beliung," kata Subur Prianto. 

Baca juga: Dinsos Kabupaten Serang terus dampingi program perlindungan jamsos keluarga miskin

Adapun rekapitulasi penanganan korban bencana hingga 4 Mei 2024 yaitu pada periode Januari 2024 sebanyak 24 kejadian dengan jenis bencana angin puting beliung, rumah roboh banjir dan kebakaran yaitu di Kecamatan Lebak Wangi, Cinangka, Tunjung Teja, Petir, Tirtayasa, Ciruas, Bandung, Cikeusal, Baros, Binuang, Pamarayan, Mancak, Kopo dan Padarincang.

Dari jumlah bencana tersebut, bencana angin puting beliung lebih banyak terjadi selama periode Januari yaitu di Kecamatan Lebak Wangi, Petir, Cinangka, Bandung, Cikeusal, dan Pamarayan serta Kecamatan Binuang.

Sementara penanganan bencana pada periode Februari 2024 yaitu 21 bencana yang didominasi oleh bencana rumah roboh.

Sedangkan penanganan pada periode Maret yaitu 25 bencana yang didominasi oleh bencana rumah roboh dan banjir.

Pada periode April 2024 penanganan bencana oleh Dinas Sosial Kabupaten Serang yaitu sebanyak 15 bencana yaitu rumah roboh, banjir dan kebakaran.

Sedangkan di periode Mei yaitu 10 bencana dengan jenis bencana banjir dan rumah roboh.

"Dari semua musibah tersebut hingga pertengahan Mei 2024 Alhamdulillah Dinas Sosial Kabupaten sudah melaksanakan penanganan dengan sebaik-baiknya," kata Subur. (ADV)

Baca juga: Dinsos Kota Tangerang latih petugas pelayanan publik bahasa isyarat
 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2024